From: Santo Putra
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Saturday, February 28, 2009 10:31 AM
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Ada Film-nya Ya? (Was: Kiamat 2012)

Dear All

###Nah di filsafat Chinese percaya kalu KIAMAT itu gara ulah manusia
hehehehe. Kasarnya gini brg siapa yg merusak alam maka alam akan berbalik
menghajar yg merusaknya. Contohnya ya global warming khan perusakan alam ,
ya jelas ada efeknya.
Filsafat Chinese jg percaya kalu ketamakan itu akan menyebabkan rusaknya
keseimbangan alam, ujung2nya ya bencana buatan kita sendiri.###

SP***Benar sekali, penyebab Pemanasan Global adalah dikarenakan ketidak
perdulian akan lingkungan dan kerakusan manusia terhadap alam dan isinya.
Sebagaimana data dalam laporan PBB (FAO) yang dirilis bulan November 2006,
bahwa ternyata 18% dari emisi gas rumah kaca datang dari aktifitas
pemeliharaan ayam, sapi, babi dan hewan-hewan ternak lainnya. Di sisi lain,
mobil,sepeda motor, truk-truk besar, pesawat terbang, dan semua sarana
transportasi lainnya hanya menyumbang 13% emisi gas rumah kaca. Ternyata
penghasil utama emisi gas berbahaya yang mengancam kehidupan planet kita
saat ini bukanlah mobil, sepeda motor, ataupun sarana transportasi lainnya
dengan polusi yang menjengkelkan anda. Tetapi emisi berbahaya itu datang
dari sesuatu yang nampak sederhana, tidak berdaya dan nampak lezat di meja
makan anda. Yaitu DAGING!!!
Untuk membantu anda membayangkan bagaimana sektor peternakan bisa
menghasilkan emisi yang begitu besar, simaklah beberapa point berikut ini ;
1.Lahan yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Demi pembukaan lahan, begitu
banyak hutan hujan yang dikorbankan. Sejak Tahun 1960, sekiar 25% hutan di
Amerika Tengah telah dimusnakan untuk pemeliharaan ternak. Antara Tahun
1966 – 1983, 38% dari hutan hujan di Amazon dimusnakan untuk lahan
pemeliharaan ternak. Hal ini masih di perparah lagi dengan banyaknya hutan
yang di tebang untuk menanam pakan ternak tersebut, seperti gandum, jagung,
rumput dan lain-lain. Padahal akan jauh lebih efisien bila tanaman tersebut
diberikan langsung kepada manusia. Peternakan sapi saja telah menyedot
makanan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan kalori 8,7 miliar orang! Lebih
dari jumlah populasi manusia di dunia.
Sedangkan setiap 3 detik ada satu orang meninggal karena kelaparan di suatu
tempat dan ada 30 juta orang yang meninggal karena kelaparan  di dunia.
2.Pemeliharaan hewan ternak memerlukan energi listrik untuk lampu-lampu dan
perlatan pendukung peternakan, mulai dari penghangat ruangan, mesin pemotong
dan lain-lain. Salah satu inefesiensi listrik terbesar adalah dari
mesin-mesin pendingin untuk penyimpan daging. Baik yang ada dipeternakan
maupun yang ada di titik-titik pemberhentian ( distributor, pengecer, rumah
makan, pasar dan lain-lain ) sebelum daging tersebut tiba di rumah / piring
makan anda. Anda tentu tahu bahwa mesin-mesin pendingin adalah peralatan
elektronik yang sangat boros listrik / energi. Sebagai gambaran untuk
menghasilkan ½ kg daging sapi diperlukan 1 galon bensin.
3.Transportasi yang digunakan, baik untuk mengangkut ternak, makanan ternak,
sampai dengan elemen pendukung peternakan lainnya ( obat-obatan dan
lain-lain ) menghasilkan emisi karbon yang signifikan.
4.Peternakan menyedot begitu banyak sumber daya pendukung lainnya, mulai
dari pakan ternak hingga obat-obatan dan hormon untuk mempercepat
pertumbuhan. Mungkin sepintas terlihat seperti pendukung pertumbuhan
ekonomi. Tapi dapatkah anda bayangkan berapa banyak lagi emisi yang
dihasilkan tiap industri pendukung tersebut? Perekonomian yang maju tidak
ada lagi artinya kalau planet kita ini hancur! Masih banyak sektor-sektor
industri ramah lingkungan yang bisa dikembangkan di dunia ini. Jadi mengapa
harus mengembangkan sektor yang membahayakan kehidupan kita semua?
5.Disamping lahan, pakan ternak, energi listrik dan pendukung lainnya,
pemeliharaan hewan ternak juga banyak membutuhkan air. Sebagai gambaran, air
yang digunakan untuk menghasilkan 500 kg daging sapi cukup untuk dapat
mengapungkan sebuah kapal perang dan untuk menghasilkan 5 kg daging bistik
setara dengan penggunaan air untuk seisi anggota rumah tangga selama
setahun. Pemakaian air bawah tanah untuk menanam tumbuhan bagi konsumsi
hewan serta untuk penyediaan air bagi tempat-tempat penjagalan dapat
mengakibatkan kekurangan air yang lebih parah.
6.Sebuah penelitian menyebutkan secara alamiah Sapi akan melepaskan Metana
dari dalam perutnya selama proses mencerna makanan ( yang kita sebut
sendawa ). Metana adalah gas dengan emisi rumah kaca yang 23 kali lebih
panas dari CO2. Disamping itu limbah berupa kotoran ternak mengandung
senyawa NO ( Nitrogen Oksida ) yang notabene 300 kali lebih panas dari CO2.
Sebagai contoh di Amerika Serikat saja, hewan ternak menghasilkan tidak
kurang dari 39,5 ton kotoran / detik! Bayangkan berapa banyak jumlah
tersebut di seluruh dunia! Jumlah yang luar biasa besar itu membuat sebagian
besar kotoran tidak dapat diproses lebih lanjut menjadi pupuk atau hal-hal
berguna lainnya, akhirnya yang dilakukan oleh pelaku industri peternakan
modern  adalah membuangnya ke sungai, ketempat lain yang akhirnya meracuni
tanah dan sumber-sumber air.
7.Hal yang sangat mengejutkan pada penelitian adalah biaya energi dari
memakan ikan hampir sama dengan besarnya dengan makan daging merah. Ini
karena biaya yang sangat besar dari menjaring ikan di kapal.

LAKUKANLAH SESUATU!   JADILAH VEGETARIAN!
Dr. Rajendra Pachauri, Kepala Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Iklim
(IPCC), mengungkapkan pada sebuah konferensi di Cork bahwa umat manusia akan
“MENYESAL” bila tidak mengambil tindakan, dan memperbesar kemungkinan
timbulnya konflik global kecuali emisi gas rumah kaca dikurangi. “ Ini
adalah sesuatu yang takut untuk diucapkan oleh IPCC beberapa waktu yang
lalu, tetapi kini sudah saatnya kami harus mengatakannya. Kurangilah
konsumsi daging --- daging benar-benar komoditas penghasil karbon yang
signifikan.”
Dr. Henning Steinfeld, Chief of Livestock Information and Policy Branch,
FAO, PBB:
“Peternakan adalah salah satu penyebab paling utama terhadap masalah
lingkungan yang paling serius saat ini. Tindakan mendesak dibutuhkan untuk
memperbaiki situasinya. “
Dr. James Hansen, Director of NASA Goddard Institute for Space Studies,USA.
“Kita seharusnya mengurangi karbon dioksida kira-kira 100% karena karbon
dioksida yang kita hasilkan akan bertahan di atmosfer selama lebih dari
1.000 tahun. Jadi, kita tidak bisa begitu saja menggunakan bahan bakar fosil
dan melepaskan CO2 ke atmosfer.
Para pemerintah belum menyadarinya. Mereka pikir perubahan-perubahan kecil
sudah cukup baik. Tapi, itu tidak cukup. Sudah jelas bahwa kita akan
mengalami perubahan (iklim) yang dramatis. Saya menyebutkan 2 tahun lalu
bahwa kita punya waktu 10 tahun, tetapi, bila kita menempuh jalan yang
berbeda. Itu berarti kita harus mulai mengubah arah – sekarang – dan
dijalankan. Itu berarti dalam  1 atau 1½ tahun ke depan, kita perlu
sungguh-sungguh mengambil arah baru. Hal yang dilakukan secara individual
juga membantu.  Dan satu hal yang paling membantu adalah diet vegetarian,
yang menghasilkan gas rumah kaca jauh lebih kecil daripada diet daging.”
Inilah hal yang TERBAIK yang bisa anda lakukan bila anda ingin menyumbangkan
sesuatu bagi usaha dunia mengerem pemenasan global, disamping dari segala
penghembatan listrik dan energi yang anda lakukan. Berhenti pola makan
daging tidak membutuhkan biaya apa-apa, bahkan menghemat anggaran belanja
anda. Janganlah berpikir bahwa anda sendirian tidak akan dapat membuat
perbedaan karena masih banyak orang diluar sana yang masih melakukannya..
Jadilah contoh bagi mereka. Informasi dan contoh nyata dari satu orang dapat
menginspirasi ratusan bahkan ribuan orang lainnya. Ini bukanlah candaan
ataupun pujian yang dibuat-buat : Tetapi Anda-lah calon-calon penyelamat
dunia ini dengan pilihan dan tindakan anda yang akan menginspirasi
orang-orang lainnya.
Seribu orang yang beralih ke pola makan vegetarian sama dengan pengurangan
1.500 ton emisi karbon per tahun. Bila 10% saja dari penduduk Indonesia
bervegetarian, kita telah megurangi sedikitnya 30 juta ton emisi karbon per
tahun! Satu angka penghematan yang amat fantastis!
Alasan berhenti pola makan daging saat ini bukan lagi hanya karena anda sok
baik / perduli pada nasib hewan. Bukan hanya karena anda sok suci /
spiritual. Bukan juga hanya karena anda perduli dengan kesehatan anda,
tetapi lebih dari itu : Anda Ingin Hidup Lebih Lama di Planet Ini dan anda
ingin mewariskan masa depan yang layak bagi anak cucu anda kelak! Entah apa
yang akan dipikirkan oleh anak cucu kita ketika mereka tahu bahwa masa suram
yang mereka jalani di masa depan adalah buah dari ketidak perdulian orang
tua mereka.
Menurut ahli ekologi ternama Mathis Wackernagel, pola makan daging adalah
alasan utama manusia menghabiskan kapasitas – bio jangka panjang planet ini
dalam kecepatan yang tidak dapat ditahan. Oleh karena itu baik ilmuwan
Mathis Wackernagel dan Alan Calverd ( Fisikawan Inggris ) secara ilmiah
telah membuktikan bahwa mengkonsumsi daging dapat menguras sumber alam Bumi.
Tetapi pokok persoalan lain yang tidak dapat di ukur dan perlu
dipertimbangkan adalah aspek kesejahteraan hewan serta pengaruh moral dari
penyembelihan hewan secara masal terhadap kesadaran manusia.

Be Veg, Go Green, Save Our Planet.
Santo Putra.