kalu mo cerita mah gara2 ada sodara yg bilang itu plat nomornya jelek,
bunyinya ada mati, lha gw iseng aje khan 2458 artinye lu mati gw kaya.
diem tuh sodara gw hehehehehehehehehehe

hubungan ama angka itu mestinya diliat dari sudut filsafatlar.
dalem konsep alam semestanya tiongkok khan bicaranya angka semua.
mulai dari nol ampe 9, nah dalem filsafatnya tuh yg angka 4 gak jelek
kok, artinye khan 4 bentuk, 4 musim, 4 arah yg digambarin pake 4
binatang yg ngelambangin posisi pergerakan matahari, cuaca dingin panas.

lucunya di campus asia hehehehehe soal warna aja diributin.

wong org barat aje kalu ada yg mati pake warna item2 yg nandain sedang
ada perkabungan kok
trus yg merit jg pake warna putih2 khan penganten perempuannya.

so kenapa hal2 kayak getu diributin seh ? wong mo disebut tahayul kek
ape kek , masing2 budaya itu warna memiliki arti.

sipenulis jg salah waktu ngebahas item, di chinese item gak selalu
diasosiakan ama kekuatan jahat.

so akhir kata itu penulis kagak tau apa2 tapi komentarnya itu menyesatkan.
kok jadi inget peristiwa sammy lee neh dimilist ini.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, agoeng_...@... wrote:

> Mantaff bang nopolnya, g coba ah kapan2 hehehehe, btw yg bisa bilang
ini tahyul, ini kepercayaan, ini budaya n ini agama sapa? Definisi
masing2 beda tergantung nilai2 dr masing2 org. Ciong buat yg ga
percaya dibilang tahyul tapi buat yg percaya itu pegangan hidup.
Bakar2 org kertas n perabot buat sebagian org itu tahyul buat yg laen
itu kewajiban n adat yg harus diikutin. Angka 13 n angka 4, 8, 9 0 dll
juga sama. Dulu ada suatu milis yg liat org soja aja dia ketawa karena
dianggap aneh n lucu, tp buat yg laaen itu sakral.

majalah "Campus Asia" edisi/nomor 8 Volume 2 February 2009)

> [...]
> khan itu konsep kejiwaannya taoisme yg diambil jg ame buddhisme
tiongkok.
> So itu kalu gampangnya gak membina mental kejem huehehehehe selama
> hamil, jg kepercayaan kalu po=unsur roh binatang yg mati kesakitan
> bisa masuk kedalam sijanin jg po itu bisa masuk kedalam daging. ada yg
> kaitin ama pancasilanya agama buddha jg khan.
> so itu khan mrk mo coba jelasin nurut konsep keyakinannya khan.
>
> btw doeloe owe pake mobil yg platnya 2458 yg owe artiin nyisi ngofat
> artinye lu mampus gw kaya huahahahahahahahaha

Kirim email ke