Betreff: Re: [budaya_tionghua] Minta tolong..
An: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Datum: Samstag, 14.02009, 14:55

            Kalau aslinya berbunyi Lim belum pasti orang Hokkian, karena dalam
dialek Hakka dan Tiociu juga dibaca Lim. Sedang dialek Konghu dibaca Lvm juga
ditulis Lum , Mandarin Lin.
Tapi kemungkinan besar memang orang Hokkian, di daerah berdialek Hokkian di
propinsi Fujian dan Taiwan, di mana penduduknya juga mayoritas Hokkian, orang
sne Lim menduduki peringkat kedua ditinjau dari jumlah penduduknya. Peringkat
kesatu ada sne Tan (Chen). Untuk mengetahui anda Hokkian atau bukan, coba lihat
nama anda, ayah, atau leluhur, suka kata dialek Hakka banyak yang berbeda
dengan Hokkian, Misalnya Lim Nyuk Hin, itu pasti Hakka, sebab dalam dialek
Hokkian Nyuk adalah
 Giok. Hanya Hokkian dan Tiociu sulit dibedakan, karena dialek Tiociu itu
menurut ahli bahasa adalah dialek Hokkian yang karena terpisah letak
geografinya menjadi agak lain.
Sulitnya ada orang berdialek lain
 seperti Hokcnia (Hokcia) yang menggunakan ejaan seperti Hokkian, misalnya sne
Lim seharusnya Lieng, tapi mereka mengikuti Lim. Contoh boss bedar Lim Siu
Liong kalau mau tepat ia sne Lieng, karena dialek Hokcia, tapi ia malah
menggunakan Lim seperti orang Hokkian.
Sekian
Salam
Liang U