teori kwan im banyak macem, salah satunya itu dibilang dari pengaruh kristen
nestorian. maklumlah waktu itu khan pas masuknya agama kristen nestorian
setelah mereka dihajar abis2an dan dibasmi di mana2 en dapet hak beragama di
tiongkok pada jaman dinasti tang.
but itu teori masih mentah dan gak ada dasarnya.
kwan im yg aslinya laki2 dibuat menjadi wanita dgn bbrp faktor salah satunya
itu adalah budaya maternalistik yg masih tersisa, jg ada yg bilang pengaruh Wu
ZeTian.

Yg jelas Kwan Im yg pria itu dirubah abis2an menjadi Kwan Im dgn ciri khas
tionghoa malah dibuat legendanya yg dikenal dgn putri miaoshan.
coba liat kwan im itu gak mirip org india kecuali titik di dahinya.

agama buddha biar mengakar tapi tidak mau melenyapkan budaya tionghoalar malah
bersinergi dgn baik.
psssttttttttt denger2 di tainan ada gereja katolik yg mau mencoba bersinergi jg
dgn menggotong toapekong bernama Yesus lho.
uniknya itu gotong toapekong Yesus pake hio jg pasturnya kalu ketemu kelenteng
sembahyang pake hio. toapekong yesus kalu ngelewatin kelenteng "dewa" tionghoa
pasti kasih penghormatanlar.
coba ada yg berani gitu gak ya disini heuhehehehehehehehe, paling banter jg
maen barong doang.
wong dasar budaya tionghoa itu penghormatan leluhurlar dus sesuai ama omongan
ngkong Kong Zi lu jgn belagu sembahyang ama tian segala macem kalu leluhur lu
itu malah dilupain en gak mau disembayangi. lagian ngkong Kong Zi bilang pegang
teguhlah tradisi.