--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "ardian_c" <ardia...@...> wrote:

> huehehehehehe Matteo Ricci termasuk yg gagallar ampe ada ribut2 rites
> controversy yg para bule ngeliat ritual bangsa laen itu biadab kecuali ritual
> mrk. Sialnya lage sambil ngeludahin itu budaya Tionghoa mrk diem2 ngebajakin
> buku2nya org Tionghoa tanpa bayar royalti kepada para pengarangnya huehehehe.
> Barular demi kepentingan umat katanya seh itu urusan rites controversy
> diberesin taon 1930an tapi gak beres semualar.

#sebenarnya dikatakan gagal juga tidaklah, memang pada mulanya Serikatnya
sempat dibubarkan(dibekukan?), namun pembelaannya terhadap tradisi tionghoa
membuahkan hasil, terbukti sekarang namanya dipakai bahkan oleh
konggregasi/tarekat selain SJ, lihatlah paroki toa se bio yg di glodok
sekolahaannya pakai namanya, bahkan di saat ada sakramen pernikahaan bisa
dilihat tuh pastor bule pakai jubah dengan asesoris dipunggungnya berwarna
merah lengkap dengan huruf dobel xi (happiness)

> Wang Chong beranggapan semua yg ada didunia ini adalah segumpalan energi yg
> bisa berubah2 so yg namanya setan jg segumpalan energi yg bersifat buruk tapi
> manusia itu sok ngerasa pada ngeliat setan padahal itu mah energi buruk.

#apakah oleh Wang Chong diuraikan lebih lanjut, energi buruk karakteristiknya
seperti apa, sedangkan qi yg baik bagaimana, krn beberapa praktisi qikung
diantaranya sdr saya, bisa menyalurkan qi ke tempat2 dibadannya yg sakit dan
sembuh, nah saya kawatir kalau yg disalurkan kebalikannya yaitu energi buruk,
apakah tdk berakibat fatal seperti yg digambarkan di buku2 Tjersil dg istilah
cau hwee jip mo.

> [...]
> soale banyak yg botak ngaku2 jebolan shaolin padahal mah tjoema ditasbihkan
> jadi samanera trus dah getu mah belajar kungfunya di kaki gunung Song Shan yg
> bertebaran sekola2 kungfunya.
> Kebal ? wekekekekekekeke liat aje berapa lama die mesti ambil nafas dulular
> baru dibacok, kalu ngedadak dibacok gak apa2 seh ya termasuk sakti kale tapi
> kalu mesti ngatur2 nafas dulu mah itu biasalar.
>
> makanya Shi Yongxin ketua Shaolin ngelus dada kale nama shaolin diobral
> abis2an dimana2. Denger2 doi mau mempatenkan nama shaolin biar gak ada

#saya lihat di national geografi, nama generasi tdk disebut, cuma dipaspor
bernama Shi Yanming, benar kata pak Ardian kelihatannya meskipun sejak umur 5
di shao lin tapi hwesio ini belum di sumpah selibat, sekarang di New York
profesinya buka kuil menyebarkan agama budha sekalian ngelatih kungfu, meskipun
menikah dan sdh punya 2 anak masih gundul dan pakai jubah kuning + asesoris
marah berkotak2.

sojah wushu,
Koay Hiap.

Kirim email ke