Menurut saya perpecahan di kalangan Tiong Hwa tidak perlu ditakutkan, karena
nanti juga akan menemukan titik keseimbangan yang baru yang akan menuju harmoni.

Perubahan nama dari Bio, Kelenteng menjadi Vihara terjadi karena campur tangan
pemerintah yang dulu yang ingin menghapuskan kebudayaan tiong Hwa dari bumi
Nusantara yang kita cintai ini. Tapi menurut saya inti ajaran dari KHC, Dao dan
Budha adalah sama yang berbeda hanya ritualnnya saja. Juga dengan agama2 yang
lain jika diambil intisarinya akan menuju ke satu kesimpulan yaitu mencari
kebahagiaan lahir & batin, dunia & akhirat.
Jadi menurut saya tidak perlu dipertengkarkan & dicari2 perbedaannya.

Ibarat orang yang ingin menyeberangi sungai, agama adalah alat transportasinya,
ada yang menggunakan perahu besar, ada yang menggunakan kano atau malah ada
yang ingin berenang, pilihan bebas ditangan individu masing2., yang penting
jangan merasa paling benar dan menyalahkan yang lain.

Salam bahagia
Namastee