From: Ciao Lie <putra_ajil...@yahoo.com>

Date: Wed, 8 Apr 2009 16:31:54
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Tuhan dan Manusia (orangtua)

Menarik sekali pertanyaan yang ajukkan netter soal sebuah perbandingan utulisme
dari Tuhan dan manusia (dari saudara Tantono Subayio), yang secara tak sengaja
telah  menempatkan human beings sebagai central pemikirannya. Pertanyaan anda
tak cukup sampai pada titik bahwa manusia (khsusunya orangtua) bisa berbicara,
bisa berkomunikasi. Hal yang mesti menjadi pertanyaan pokok ialah:
Pertama:  Dari mana orang tua (manusia berasal), kemana tuju hidupnya dan
bagaimana
                dengan jiwanya setelah dia meninggal?
Kedua :  Benar orangtua anda bisa berkomunikasi dengan anda, bisa berbicara dan
              memberikan jawaban atas pertanyaan, permintaan anda. Namu
pertanyaan
               berikutnya ialah?
               A. Sejauh mana mutu jawaban mereka sehingga bisa menolong anda?
                    (perhatikan generation gap meaning cross-culture)
               B. Kalau orang tua menjawab, memberikan pikiran, kita pun masih
bertanya, dari
                   mana pikiran itu berasal?
Saya kira pikiran anda masih pada tahap antroposentris, lebih tinggi dari satu
level dari paham cosmossentris, anda masa pada tahap kedua. Anda belum sampai
pada tahap ketiga, yakni teosentris/mistry atau supreme being.

Bagaimana menemukan Tuhan?
Allah telah menjadi manusia, dewa-dewi, Tuhan memiliki wakil, dia yang
terutus,  kamu intelektual, kamu bijak pandai dan lain-lain. Allah terkadang
sangat manusiawi, dia terkadang berbicara lewat pemimpin dan pembimbing, dia
juga ada berinteraksi lewat kamu sakit dan menderita bahkan lewat alam raya
(kembali ke anthroposentris)

Kalau saudara serius berdiskusi, saya kira kita mesti memiliki these, antithese
dan sinthese, saya tungguh anda.

salam dan doaku

      New Email addresses available on Yahoo!
Get the Email name you&#39;ve always wanted on the new @ymail and @rocketmail.