From: "hoey_hin" <hoey_...@yahoo.co.id>

Date: Tue, 26 May 2009 17:27:21
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Kepercayaan-kepercayaan orang Tionghoa

ok.. mungkin saya yg salah menilai anda, memang semua ini tergantung dari sudut
mana kita memandang. Untuk terjemahan yg pas mmg agak susah, ini seperti kata
Yin Yang, sampai saat ini belum ada kata2 yg pas untuk menterjemahkan kata
YinYang ini. Tp saya tetap kurang setuju kalau Tian dalam kitab Ru Jiao juga
diartikan dg langit, karena sangat tidak pas mewakili kebesaran dan sifat2 Tian
ini. kalau diartikan langit bagaimana mengartikan kata Tian Ming?

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> lho, ini yg aneh, kok nada anda se akan2 saya menyudutkan Tuhannya agama Ru.
> Sbg orang yg mencintai budaya Tionghoa, saya justru menyayangkan, mengapa
> harus meminjam istilah agama Samawi untuk menamai sebuah konsep yg khas
> Tionghoa.
> Kalau anda tanya definisi Tuhan dlm keyakinan saya seperti apa, ini juga
> aneh, karena istilah Tuhan ini bukan saya yg ciptakan, apa hubungannya dng
> keyakinan saya? Misalnya keyakinan saya Tuhan adalah sebuah pelangi, apa bisa
> menjadi acuan diskusi? Kita pakai saja definisi dari agama Samawi, toh mereka
> [...]

Kirim email ke