Terima kasih untuk informasi ini.

Kelihatannya KaiFeng mesti dimasukkan ke dalam daftar kota yang perlu
dikunjungi kalau ada kesempatan ya?

Saya sudah coba browsing untuk coba cari dan lihat detail lukisan qmsht karya
Zhang Zeduan versi Dinasti Song abad ke 12 yang sekarang ini disimpan di Museum
di Beijing. Berbeda dengan qmsht versi Dinasti Ch'ing yang dapat ditampilkan
dengan resolusi tinggi di web National Palace Museum di Taipei, qmsht versi
Dinasti Song yang saya temukan  kebanyakan kurang tajam gambarnya.

Yang resolusinya cukup tinggi untuk dilihat secara detail malah ada dari salah
satu web site pendidikan di Washington, yang selain menampilkan beberapa bagian
detail qmsht versi Dinasti Song juga menjelaskan analisa kegiatan kehidupan apa
yang digambarkan dalam bagian itu:
 http://depts.washington.edu/chinaciv/painting/4ptgqmsh.htm

Qmsht ini memang karya besar yang luar biasa,  saya merasa sangat beruntung
bisa mengetahuinya dari teman-teman di milis ini sehingga bisa mencari
informasi lebih lanjut mengenai sejarahnya dll.
Terima kasih dan salam,

Bian

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "harry alim" <hari.a...@...> wrote:

> Lukisan itu dibuat tahun 1000 sekian dengan nama qingming shanghe tu. Pada
> saat dinasti Sung utara. Lukisan itu menggambarkan ibukota Sung saat itu Pian
> Cioe (sekarang disebut KaiFeng KhayHong). Ya itulah gambaran ibukota Dinasti
> Sung, sebuah kota kosmopolitan dan menjadi tujuan banyak pedagang
> mancanegara.  Kemudian ibukota ini diserbu tentara Jin dan berpindah ke
> HangCioe (Hangzhou) habis sudah ketenarannya.
>
> Saking terkenalnya lukisan itu dicopy ribuan kali bahkan katanya ada 2 versi
> resmi yang di museum Taipei dan di museum Beijing. Entah mana yg benar.
> [...]

Kirim email ke