Bung Tan,
Saya rasa anda terlalu defensif. Jika pandangan2 dari kristen fundamentalis
memang anda tentang, anda tak perlu keberatan mengkritik pandangan mereka
disini. Coba belajar dari Gusdur, jika ditanya ttg pandangan2 miring kaum
islam radikal, gusdur tdk menghindar, tak perlu menjelaskan bahwa tdk semua
islam begitu, dia malah ikut mengutuk mereka, bahkan berinisiatif
menerbitkan buku membongkar pikiran islam radikal!

Postingan saya ini adalah benar-benar yang terakhir dan sesudah ini saya
tidak akan membahas lagi masalah ini.  Pada waktu Gus Dur mengecam kalum
Islam radikal didepan dia tidak ada yang mengatakan bahwa orang ber-Tuhan
itu pandir de el es. Coba sdr Zhou lihat bagaimana postingan rekan anda sdr
Als, dan postingan sdr Agoeng set yang selalu "panas" dan memancing
kekeruhan.  Jadi siapa yang defensif dan siapa yang ofensif.  Saya kira
dengan sifat yang seperti ini maka hal-hal ini akan berulang terus karena
sangat banyak tulisan di dunia luar sana yang tidak benar tentang budaya
tionghua.  Kalau ini meamng dikehendaki oleh moderator so be it.  Amit
mundur.  Tan Lookay