From: ardian_c <ardia...@yahoo.co.id>
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Sent: Mon, November 2, 2009 12:37:41 AM
Subject: Orang Boan   (Re: [budaya_tionghua] Meninjau  "Negeri Taili")

ngemeng2 jinyong, die dah beres belon bikin samkok versi die ?
khan katanya die mo bikin jagoannya si sunquan

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, "Akhmad Bukhari Saleh" <absa...@... >

 manusia, lalu menyeberang dari Myanmar ke Tiongkok.

> [...]
> menyebabkan kulit mereka lebih hitam. Tapi jangan disangka kalau yang lebih
> hitam itu pasti orang Bai, orang Han sendiri yang tinggal di sini, jauh lebih
> hitam dari di pedalaman.  Hanya 3 hari di sini, dan 4 hari di Lijiang (
> keresidenan etnis Naxi di utara Dali),  bagian terbuka dari tangan saya jauh
> berbeda dengan bagian atas yang tertutup kemeja tangan pendek (maklum musim
> panas), seperti tangan dua orang saja . Dua bulan kemudian barulah tangan
> saya tak belang lagi. Hitamnya beda dengan hitam orang Afrika,
 tapi hitam terbakar, mirip orang-orang Tibet. Pantas wanita muda di sana
senang menggunakan payung. Akibatnya pakaian bercorak payung sangat popular di
antara para gadis.

> [...]
> antara kedua etnis itu. Di Kunming kebalikannya, jumlah penduduk etinis tak
> terlalu banyak (Han yang dominan) tapi jenis etnisnya banyak. Karena itu
> kalau kita pergi Taman Mininya Kunming (Minzu Cun), kita segera akan melihat
> banyak sekali orang berpakaian tradisional, sehingga  penduduk Kunming
> sendiri kalau di tanya itu pakaian etnis apa biasanya tak tahu, terlalu
> banyak jenisnya, tambahan lagi etnis yang sama kalau  kampung halamannya
> berbeda corak  pakaiannya juga berbeda,   apalagi  kalau mereka berpakaian
 biasa, wajahnya, fisiknya tak dapat dibedakan, untuk orang sana mereka bisa
membedakan kalau bicara, logatnya beda.

> [...]
> luasnya beberapa kali Kunming lama. Bandar udara Kunming sudah menjadi bandar
> udara  Internasional, meskipun belum banyak pesawat asing langsung kecuali
> dari Asia Tenggara. Yang saya lihat ketika lewat di jalan ada gedung konsulat
> Thailand dan Laos di sana. Untuk kesekian kalinya saya terjebak oleh kesan
> dari media bahwa Kunming kota di pedalaman ini adalah kota yang tertinggal
> pembangunannya dalam rangka modernisasi di Tiongkok.  Dulu ke Chengdu
> demikian, ke Nanning juga demikian sekali ini ke Kunming juga demikian. Entah
> pers bias, atau perkembangan yang terlalu pesat. Dalam
 situasi sekarang, saya kira dalam lima tahun mendatang Kunming harus sudah
membuat kereta api bawah tanah, kalau tidak jalan raya utama yang sudah 6-8
jalur itu akan macet total.

> [...]
> danau Cui tidak jauh dari hotel di seberang Unversitas Yunnan, ada empat
> rombongan yang demikian. Semua menari dan bernyanyi lagu-lagu rakyat
> (folk-song) . Orang yang berjalan-jalan menghirup udara malam yang segar
> (maklum musim panas) banyak yang ikut bernyanyi dan menari, dari anak-anak
> sampai kakek-kakek dan nenek-nenek. Tidak yang menertawakan atau
> memperdulikan kalau anda salah, semua dilakukan dengan rela dan bebas,
> sebelum mereka berangkat lagi untuk berjalan-jalan. Lagu yang dibawakan
> kebanyakan lagu-lagu dan tari rakyat popular  (folksongs dan folkdances)  ,
 yang lewatpun bisa turut bernyanyi dengan riang.

> [...]
> Inggeris. Cari pacarpun boleh asal bicara bahasa Inggeris. Haha. Saya
> berhenti sebentar, mereka benar-benar taat konsensus, tanpa harus diawasi
> .Tak ada yang mengganggu, semua serius, tapi kadang-kadang terdengar tertawa
> riang kalau ada yang bicara tapi tak bisa melanjutkan. Atau mengucapkan kata
> Ingeris tapi temannya tak mengerti. Anda tak usah malu atau takut, tak ada
> yang kenal anda, tak ada absen. Belajar dengan gembira.  Terus terang saya
> sangat kagum atas semangat belajar mereka, meskipun seperti umumnya
 orang Tiongkok yang belajar bahasa Inggeris selalu kesulitan untuk membuang
nadanya, karena bahasa Tionghoa, dialek atau Mandarin, bahasa minoritas,
kecuali Mongol dan Xinjiang, semua bahasa bernada.    (Bersambung)