Nah, ini yang mengasyikkan! Kalo bicara musafir yang suka melancong saya
pernah punya pengalaman dengan  yang namanya Kopi Tiam saat mampir di
pulau Belitung beberapa waktu lalu.

Sama dengan yang diceritakan teman-teman dari Sumut, Kopi Tiam di
Belitung  juga menyediakan minuman kopi panas dan dingin, pahit dan
manis, juga teh dan soft drink lainnya serta kue-kue penganan. Tapi satu
yang unik di Belitung adalah, hampir semua Kopi Tiam di sini mejanya
panjang-panjang berderet-deret menghadap ke satu arah dimana tersedia
satu pesawat televisi  berlayar cukup besar (saya kira 24 inch) yang
menayangkan film-film Mandarin lewat vd atau vcd.  Biasanya Kopi Tiam di
sini baru ramai tamu setelah senja, bukan cuma orang tua, anak muda dan
remaja juga mejengnya di Kopi Tiam. Dengan memesan satu gelas kopi, kita
bisa duduk lama-lamaan nonton video! Mengasyikkan bukan?

Satu lagi pengalaman saya di Belitung, suatu kali selagi duduk-duduk di
salah satu Kopi Tiam di sana, saya ikut nimbrung ngobrol dengan
sekelompok laki-laki setengah baya (walau agak terbata-bata saya masih
bisa mengikuti dan meniru logat bahasa Hakka mereka),  ternyata salah
satu di antara mereka mengaku adalah kakak iparnya Yusril Ihza Mahendra.
Ternyata kakak perempuannya Yusril bersuami seorang Tionghoa! Surprise
juga saya waktu itu, dan yang lebih mengejutkan lagi, si kakak ipar itu
bilang, bahwa Yusril pun fasih berbahasa Hakka seperti mereka!!

Ada rekan-rekan yang bisa mengkonfirmasi hal ini??

Salam,

Erik