Dear all BTers,

Sdr Ardian berpendapat,

simpel aje, org yg ngerasa dirinya tionghoa dan jg itu gak ada kaitan
ame GEN or
SUKU or ASAL USUL.

Dengan mencounter pendapat saya soal Gen (DNA),  untung ada Mpek Liang
U, yang pendapatnya sedikit banyak sejalan dengan saya

Menurut hukum anda adalah orang Singapore, tapi menurut ras anda adalah
orang Chinese.

hukum kewarganegaraan kita adalah orang Indonesia, dilihat dari etnis
kita adalah orang Tionghoa.

Kedua beliau ini menurut saya cukup mumpuni dalam hal BT.

Maksud saya seandainya kita bisa membuat kesepakatan, paling tidak di
milis BT ini siapa "Orang Tionghoa" ?

Maka subyek yang sama tidak berulang-ulang lagi dipertanyakan.

contoh, sdr. Erilk th 2006 pernah membahas Ong Hok Ham, orang Tionghoa
apa bukan?

Mpek Liang U dalam tanggapannya memberi contoh, ras Tionghoa membela
nama baik Indonesia di dunia International dalam bidang olah raga.
Bagaimana seandainya Indonesia berperang dengan Tiongkok mpek?

Salam hormat,

Dedy