Perkembangan ekonomie dari Tang memang impressive utk jaman mereka tetapi
negara atau empire yg terbesar waktu itu adalah Abassid caliphate dan Uyghur
khaganate.
Abassid caliphate mulai dari spain sampai persia dan Uyghur dari laut aral
sampai heilungciang  Ini adalah keadaan jaman 800. Oleh karena itu agama islam
jaman tsb menyebar keseluruh wilaya ini.
Daerah yg dikuasai Tang dinasty juga jikalau dibandingkan dgn Tibet -Tufan-
Empire waktu itu kalah besarnya. Pali empire juga sangat kuat dan penggaruhnya
juga sampai keChina [buddhism] dan juga ke Champa Kmer dan Sriwijaya. ----
perkembangan Hindu sudah sampai daerah ini jauh seelumnya. Pali membawa
buddhism.
Karena itu jikalau membandingkan keadaan - silahkan perhatikan keseluruhan dan
jangan center keTang. Silahkan mencari map Asia dari jaman 800 dan kalian akan
melihat betapa kecilnya Tang.
Sewaktu Tang berkembang diKorea juga ada Silla empire dan Bhakje yg daeahnya
termasuk Tungpei, Liaoning jaman sekarang. Juga Japan dgn Yamato dinasty cukup
kuat dan sudah punya armada utk perang dgn Silla dan Bhakje. Jepang ingin
Mnchuria sebagai wilya mereka juga mulai ari jaman ini.

Mengenai teknology - ilmu metalurgic asal dari bangsa arab incl. mathematic.
Filafat penghidupan kurang lebih yg dominant sekarang bukan chinese tetapi
semitic. Bow and arrow asalnya sudah lebih dari 50 000 thn yg lalu dan yg
tertua diketmukan diSouth Africa. Ini senjata dipergunakan oleh suku yg naik
kuda dari padang rumput lebih dulu . Ini senjata sudah dipakai oleh pasukan
Babylonia dan Mesir kira² 3000 BCE  Perang cavalery juga bukan asal china -
baru jaman Han ini system bertempur dipakai dan ini dikopy dari bangsa SiungNu
[Uyghur]      Bangsa Han malah belum memakai kuda utk transport umum --- Apakah
kalian tahu asalnya wheel yg jaman sekarang adalah basic technology ------ Ini
asalnya dari Mesopotamia 2000-3000 BCE.  China waktu itu masih jaman Shang dan
Zhou. Perhatikan juga dimana letaknya Shang dan Zhou dipeta. Jadi hanya dari
info ini kita tahu bahwa wheel asal dari suku SiungNu juga yg kemudian masuk
keChina.

Oleh karen itu jikalau kita membandingkan sesuatu - perhatikan juga kontranya
dan selidiki keadaan. Kita juga jangan terlalu percaya sejarah dari satu negara
tetapi kita harus membandingkannya dgn negara tetangga. Contohnya mereka yg
belajar sejarah belanda mendapat info bahwa PietHein - admiral Belanda dlm abad
15 hebat. Perhatikan sejarah Espana - negara Belanda adalah negara bajaklaut
sama seperti Somalia sekarang.  Didalam sejarah China Belanda dan Ingeris
adalah daerah bajak laut - maklum mereka banyak ket. viking,

Memang Tang dinasty kemajuannya impressive oleh karena negara in peace dan
ekonomie, perdagangan dan juga ilmu pengetahuan dpt berkembang. Tetapi kita
dari info ini juga harus langung dpt mengerti jikalau tidak ada partner dagang
yg sama kayanya atau majunya perdagangan tdak dpt menguntungkan. Kota Urumchi
yg dibangun oleh Tang dinasty tugasnya apa. ---- utk accomodasi para pedagang
dari barat.

Porcelein industry China berkembang karena mereka menemukan Kaoliang. Ini bahan
dari tanah lempung putih yg penting utk bikin porcelein. Juga peraturan
pertanian dgn pemakaian almanac dari HuangDie sangat berguna utk menghasilkan
produksi yg optimal.
Compass bukan dari jaman Tang tetapi jauh sebelumnnya jaman Cin dinasty dan
memang menurut sejarah asal dari China.

Saya menulis hanya sebagai reminder,  jikalau membaca suatu berita kita harus
kritis. Tidak semua apa yg ditulis dlm buku adalah the truth incl injil atau
samkok - semua banyak isapan jempolnya. Juga buku ilmu pengetahuan incl. theory
Einstein tidak 100% correct.
Tulisan saya juga reminder bahwa "arogansi" berpikir semacem ini yg meusak the
middle kingdom. Jaman sekarang science ada di benuaAmerica dan bukan diChina.
Phase pembangunan diPRC adalah Made in China dan belum made by China - ini
adalah 1-2 generasi perbedaannya.   Science satelite PRC masih dlm research
phase - diUSA sudah dlm business phase. bedanya 2 generasi juga.
Memang phase diIndonesia belum sampai phase made in Indonesia masih dlm bought
by Indonesia jadi PRC memang jauh lebih developed.

Andreas