Latihan Neikung ada 2 aliran dari Buddhism dan Daoism. dan adalah ilmu meditasi
yg dilakukan dengan duduk terate. Kenapa duduk -utk mencegah chi turun kekaki.
Chi ada tendensi utk turun kebawah.  Neikung yg diIndonesia jikalau masih ada
-adalah dari aliran Fu
Jikalau mulai melatih Neikung dgn duduk terate maka chi akan berkumpul di
tantian. Jikalau sudah jadi, daerah ini akan sangat hangat sekali seperti telur
rebus rasa panasnya. Dgn mencapai level ini yg umumnya dicapai setelah 3-4
bulan meditasi maka kita akan mencoba menurunkannya kearah kemaluan dan
kemudian kearah anus. Disini banyak yg macet latihannya dan tidak dpt
membawanya keatas kedaerah kepala melalui titik accupressure dipungung.  Jaman
dulu sedikit yg ngerti dan kita selalu dibilangin bahwa latihan ini bikin
impotensi [macet dibagian kemaluan]
Teknik ini mempergunakan pernapasan dan concentrasi dan berbeda dgn latihan
tenaga luar yg mempergunakan muscle dan concentrasi. Neikung adalah mind
control dan berbeda dgn chikung yg juga merupakan latihan tapi memakai tenaga
chi yg berada dibawah muscle dan tulang. Dgn chikung kita bisa koncentrasi dan
menghangatkan atau menyembuhkan bagian badan yg luka, dgn gwakung kita dilatih
utk menjaga dan menerima pukulan. Semua yg saya ajarkan ilmu sanggup menerima
tendangan dan pukulan dibagian abdomen, kaki dan tangan - itu namanya gwakung
tenaga luar - tetapi didalam bertanding kita selalu kena terpukul dan utk
memperbaikinya ini perlu chikung.    Neikung biasanya utk yg sudah berumur.
Saya sendiri malas latih meskipun sudah dpt menjalankan salurannya sebab buang
waktu.
Chikung dikombinasi dgn gwakung yg udah belajar ilmu dpt memperbaikinnya dgn
Taichi atau dgn Weitankung .  Jikalau jadi Taichinya - itu Tantian pasti
terasa. Jikalau belum terasa dn tidak menemukannya yg mengajar harus membantu.
Memang ilmu ini utk yg tidak pernah belajar silat kedengarannya seperti
lamunan- tetapi mereka yg pernah menerima latihan Hokkian siaolimsie dari
Laojengtie akan mengerti. Sjair yg dibicarakan termasuk latihannya dan saya
hanya mencoba memberikan penerangan dan tidak ingin mengajar ilmunya.
Yg saya sarankan ambil latihannya dari yg ada diJawa dan silahkan mempergunakan
sjair utk memperbaikinya Sjairnya banyak sekali - saya sendiri hanya dibilangin

Andreas