Ilmu shengong agak bebeda  sedikit - ini shengong yg saya tahu dan lihat
mungkin utk kita tidak cocok.
Jikalau melihat demo kuda lumping  atau jaran kepeng [jawa] maka kita lihat
bahwa
para peserta dapat menerima "kekebalan" badan terhadap bacokan golok atau
pedang.
Mereka melakukannya dlm keadaan trance kurang lebih seperti yg kesurupan
dikelenteng.
Demo semacem ini saya kira masih banyak diketemukan diJawa.  Tanya jawab dgn
mereka - jawabannya ini adalah ilmu perang. Mereka juga berikan penerangan
jikalau ada 2 group berdemo dan mereka bertemu - group tsb bisa bertanding.
Ini menurut saya adalah ilmu shenqong.
Ini ilmu ini diHK masih ada yg mengajar. Yg belajar ilmu ini harus melakukan
semacem "baptisan" kedalam perguruan ini.  Saya tidak mau belajar ilmu  aneh
semacem ini sebab sudah memakai segala macem mystic.  Apakah aliran ini murni
saya tidak tahu tetapi saya kira Tatmo mungkin membawa ilmu ini dari India dgn
ajaran Chan buddhismnya ----- ini hanya duga-an not sure.
Yg kita tahu dari sejarah ialah bahwa para pendekar yg berevolusi - boxer
rebellion - banyak yg percaya mereka kebal terhadap senjata - tidak ditulis
kenapa mereka percaya tetapi mungkin karena mereka mendapat latihan shenqong.

Untuk latihan Neiqong saya disini didaerah tempat tinggal ada ahli yg datang
dari Vietnam
yg melakukan penyembuhan penyakit memakai Neiqong - ini menurut dia. Patient
duduk
dimuka ahli ini dan dia dgn tangannya memberikan qi-nya. Tangannya panasnya
lumayan dan kulit merasa adem anget. Dia mendapat ilmunya dari OT-nya jadi saya
juga ragu² tetapi sifatnya adalah seperti Neigong.
Jepang ada ilmu meditasi dimana mereka sanggup menyembuhkan orang dgn touching.
Ini mereka sebut ilmu Reiki - saya belum ketemu yg betul² disini Ditempat saya
ada
yg mau mengajar ilmu ini tetapi mintanya $1000 [cari penghasilan] jadi tidak
jadi belajar.

Meman antara qigong dan tenaga biasa sulit dibedakan. Jaman sekarang kita lihat
latihan terutama dari Jepang utk memukul sandbag, atau post kayu segala. Tangan
dan kaki dikebalkan dgn me"matikan" perasaan ditangan atau dikaki - Di Miami
ada guru silat yg jari²nya demikian kebalnya sampai dpt membesar lebih dari 50%
dgn kulit mati.
Mungkin kalian juga lihat film silat dimana mereka melakukan segala macem
teknik utk mendapat kepandaian. Memang didalam teknik yg kita lihat sjair² yg
ada  tidak berguna atau percuma.  Didalam literature dan didalam ilmu latihan
juga jaman sekarang  latihan tsb semua sama dan istilahnya sangat tidak jelas

Selama pertanyaan semacem diatas ini belum mendapat jawaban - kita harus keep
an open mind

Andreas