Gunawan Heng,

Dinasti
Xia (夏, Hokkian: He) menggunakan kalender Xia (He Lek) yang menempatkan tahun
baru pada
bulan yin (urutan ketiga dari dizhi). Yang mirip dengan kalender
Tionghoa sekarang.

Setelah
Dinasti Xia digantikan oleh Dinasti Shang (商, Hokkian: Siang), dinasti
Shang menggunakan kalender dengan tahun baru di bulan chou (urutan
kedua dari dizhi), yang jatuh pada sekitar bulan 12 imlek yang sekarang
(di akhir musim dingin).

Dinasti
Shang digantikan oleh Dinasti Zhou (周, Hokkian: Ciu), sistem kalender
diganti lagi. Tahun baru digeser ke bulan zi (urutan pertama dizhi),
yang jatuh pada bulan 11 imlek sekarang (di puncak musim dingin).

Dalam Lunyu (论语, Hokkian: lun gi) Khonghucu
(yang hidup di masa Chunqiu pada akhir dinasti Zhou) pernah menyarankan agar
menggunakan
kalender Xia (tahun baru jatuh di awal musim semi). Pertimbangannya antara lain
karena
di bulan zi (juga bulan chou) suasana masih sangat dingin, tidak cocok
untuk merayakan pergantian tahun.

Ketika
dinasti Han berkuasa, kaisar terbesarnya: Han Wudi (汉武帝) menjadikan KHC
sebagai agama negara, dan dia mengikuti nasehat KHC utk menggunakan
kalender dinasti Xia, sehingga tahun baru 'kembali' ke awal musim semi.
Karena itulah kalender Tionghoa yang sekarang bisa juga disebut Khongculek

Tahun baru yang sekarang, tahun 2561 adalah kalender Khongculek.
Tahun 2561 itu cuma dipake di Indonesia.
Di luar negeri yang lebih banyak dipake adalah tahun 4707.

Angka 2561 itu berasal dari tahun 551 SM ditambah 2010.
Tahun 551 SM adalah tahun kelahiran Khonghucu. Karena itu banyak juga yang
bilang angka 2561 itu adalah tahun Khongculek (tahun khonghucu).

Angka 4707 berasal dari tahun 2697 SM ditambah 2010.
Tahun 2697 SM adalah tahun Huangdi naik tahta.
Orang Tionghoa menyebut dirinya sebagai Yanhuang zisun (炎黄子孙) yang artinya
keturunan Yandi dan Huangdi.
Yandi dan Huangdi adalah 2 kaisar kuno, yang dianggap sebagai leluhur orang
Tionghoa.

Kenapa ada bbrp versi angka?
Tidak seperti kalender Masehi yang menggunakan angka yang terus bertambah.
Awalnya di Romawi, tahun dihitung dengan patokan tahun berdirinya kota Roma.
Ketika Kristen diangkat menjadi agama kerajaan, kalender Julius (yang kemudian
direvisi menjadi kalender Gregorius)  menggunakan patokan tahun kelahiran Yesus
Kristus. Jadi angka 2010 adalah tahun ke 2010 setelah kelahiran Yesus Kristus.

Sistem tahun Tionghoa sebenarnya terdiri dari kombinasi 10 tiangan (天干, batang
langit) dan 12 dizhi (地支, cabang bumi), yang membentuk 60 kombinasi. Kombinasi
pertama adalah tiangan yang pertama digabung dengan dizhi pertama, namanya
jiazi (甲子), kedua adalah yichou (乙丑), dst.. sampai kombinasi ke 60 guihai (癸亥).
 Supaya gak pusing lihat huruf Hanzi, saya tulis pake kombinasi angka dan huruf
aja. Tiangan terdiri dari angka 1 sampai 0, dizhi teridiri dari huruf A sampai
L.
Kombinasi pertama adalah 1A, kedua 2B, ketiga 3C, dst... sampai 0L. Total ada
60 siklus.
Tahun ini adalah tahun gengyin (庚寅) urutan ke 27.
Dalam bhs orang awam: yin (dizhi urutan ketiga) disebut snio Macan, sedangkan
geng (tiangan urutan ketujuh) disebut unsur logam. Jadi tahun GengYin adalah
tahun Macan Logam. Kalo yang punya kalender yang dilengkapi huruf Hanzi, bisa
dilihat tulisannya adalah gengyin (庚寅).

Dengan kombinasi yang cuma 60, bagaimana orang Tionghoa membedakan dengan
siklus sebelumnya?
Misalnya: tahun sekarang adalah tahun gengyin. Demikian pula 60, 120  tahun
yang lalu, juga tahun gengyin.
Dulu setiap kaisar mempunyai nama tahun yang disebut nianhao (年号). Jadi utk
menuliskan tahun digunakan "nianhao" digabungkan dengan "tiangan-dizhi" .
Contoh: duilian (对联: syair berpasangan) yang dipasang di Hoktekbio (福德庙:
kelenteng di Pasar Bogor), bertuliskan tahun: tongzhi dingmao (同治 丁卯). Tongzhi
Dingmao adalah tahun 1867 masehi. Tongzhi adalah nama nianhao (tahun
pemerintahan) kaisar Qing Muzong (清穆宗).

Sejak berdirinya Republik Tiongkok, sistem penulisan tahun ini diganti menjadi
tahun republik ke sekian.
Revolusi yang dipimpin oleh Sun Yatsen, disebut revolusi xinhai, karena terjadi
di tahun xinhai (辛亥, urutan ke 48 dari siklus 60). Tahun xinhai adalah tahun
1911. Republik berdiri di tahun 1912, dan tahun 1912 ini yang menjadi tahun
Republik yang pertama (民国元年). Jadi misalnya tahun 1928 masehi adalah tahun
Republik ke 17 (disebut minguo shiqi nian, 民国十七年)

kiongchiu,
KH