Quoting hermawati wiriadinata <herma...@yahoo.com>:

> Pagi semuanya...sekedar saran...untuk yg pakar2 peneliti...hobby
> baca..hobi jalan2...sangat ditunggu info2nya yang menarik....apakah
> mengenai arsitektur leluhur (menurut saya arsitektur2 dulu itu
> hebat2 sih tapi banyak yg tidak tau atau belum tau), yang senang
> kuliner ditunggu resep2 masakannya, yang tau tentang furniture jaman
> dulu ditunggu jg paparannya....biar kita2 jangan kaya pisang
> ya...kulitnya kuning tapi dalemnya putih....alias ga tau apa apa
> tentang kehebatan leluhur.... tengggggkyuuuuuu....

Mbak Hermawati,

Mungkin untuk sekedar pencerahan silahkan dicari bukunya DR.Pratiwo
yang berjudul "Arsitektur tradisional Tionghoa dan perkembangan
kota".Disitu terdapat beberapa kesimpulan yang cukup menarik dari
disertasi beliau.Antara lain: Dia berani menyebutkan bahwa Arsitektur
Tionghoa sebagai Arsitektur tradisional Tionghoa di INdonesia.Hal lain
adalah bahwa arsitektur Jawa ternyata dipengaruhi arsitektur
tradisional Tionghoa yang ada di Lasem.
Kesimpulan2 ini bagi saya cukup "mengejutkan" tapi kalau di cross
check dengan hypothesanya Sumanto al Qurtuby dalam bukunya Arus
CIna,Jawa dan Islam dimana dikatakan bahwa Islam yang masuk di Jawa
dibawa oleh imigran asal Tiongkok maka berarti masuknya imigran
Tiongkok ini relatip cukup lama.

salam

loek's

Kirim email ke