Ekslusif? Kalau lihat sejarah, kesenian tionghoa telah banyak yg melebur ke
dalam kesenian daerah, sampek engtai saja ada versi ketopraknya. Wayang
potehipun sdh dlm bhs indonesia, dan yg nonton juga tukang becak.

Jika sekarang prroses Akulturisasi ini se olah2 terhenti, ini tak lain karena
politik pemberangusan budaya tionghoa oleh orde baru! Mereka ngomongnya sih
pembauran, tapi yg disuruh membaur adalah orang yg harus menanggalkan
budayanya. Dng kondisi seperti ini mana mungkin ada orang yg berani menampilkan
kesenian yg ada bau2 ketionghoa? Opera Sampek ingtai teater koma pada awalnya
juga sempat dilarang, pajangan barongsai di pintu masuk gdg kesenian juga
dirampas penguasa. Opera Peking dr group Taiwan pernah mau main di gdg
kesenian, tiket bahkan sdh mulai dijual, tapi tiba2 dibatalkan krn dilarang
penguasa.

Sekarang memang kebebasan sdh ada. Tapi krn terputus sekian lama, semua merasa
asing thd budaya tionghoa, semua terpaksa mulai dari nol lagi, ya pelaku
keseniannya, ya penontonnya, maka yg dihadirkan ya bentuk2 kesenian dlm wajah
yg masih asli, tentu perlu waktu panjang untuk dikunyah, diserap dan dilebur
jadi wajah baru.

Tapi tdk semua asing tentunya, bagi seniman yg sdh stw, yg sempat mengenyam
zaman pra orba, mereka dng cepat beradaptasi dng situasi baru, seperti
Ryantiarno dari teater Koma, yg juga seorang Tionghoa.

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT