On Sun, Apr 17, 2005 at 02:50:52AM +0700, Sunaryo Hadi wrote:
> Ide registrar juga sangat bagus dan harus segera terealisasi.

Sip!

> Saya ikut mendukung perjuangan mas Budi R. untuk segera merealisasikan
> registrar. Sekarang 5, ke depannya kan bisa bertambah.

Sip!

> Bahkan mungkin
> nantinya bisa ikutan titip jual ke registrar besar (Enom, Register dll.)
> untuk domain yang gak perlu administrasi legal.

Kalau saran saya sih, jangan. Lebih baik bisnis domain .ID dilakukan
oleh anda-anda pelaku bisnis Indonesia saja.

PS: beberapa tahun yang lalu pernah ada registrar besar yang ingin
bekerja sama dengan kami. Mereka menawarkan $1/domain (kemurahan ya?)
dengan jaminan 1 juta domain. (Biar satuannya murah, kalau jumlahnya
besar, jadi besar juga ya?) Saya tolak. Ini seperti .TO, .NU, dsb.
Saya lebih suka domain .ID menghasilkan bisnis dan lapangan pekerjaan
bagi orang Indonesia saja.

Tapi itu bukan berarti bahwa rekan-rekan tidak bisa bekerjasama dengan
registrar besar. Silahkan berkreasi. Meskipun beda visi dengan saya,
tapi tetap anda-anda harus diberi peluang untuk mengembangkan ide2 yang
aneh2, hebat2. Inilah salah satu manfaat adanya registrar. Siapa tahu
ada yang berhasil menemukan model bisnis yang bagus. Saya senang.

> Terakhir, saya agak bingung melihat para 'dewa' berperang di milis ini.

Jangan bingung. Ini bisa dianggap sebagai sebuah pelajaran sehingga di
kemudian hari pengelola2 tidak terperosok ke dalam lubang yang sama.
Biar anda-anda sekalian ikut belajar. Proses kaderisasi.

[Lihat artikel saya di http://rahard.modblog.com tentang kaderisasi
atau di http://www.bloglines.com/blog/rahard tentang mengajari cara
belajar dimana salah satu caranya adalah melihat.]

-- budi

Kirim email ke