Ya Allah yang Maha Kuasa.
Pagi ini aku duduk di hadapanMu untuk mengadu.
Kepada siapa lagi aku harus mengadu, kecuali kepadaMu?

Ya Allah, lindungilah aku dari fitnah.
Berikanlah kepadaku kesabaran untuk menghadapi ujian ini.
Aku tak tahu mengapa ada orang yang tega melakukan fitnah
dan mendzalimi diriku.

Ya Allah, apa yang aku lakukan hanyalah menjalankan amanah
yang Engkau titipkan kepadaku. Jika memang aku tak pantas
untuk menjalankan amanah ini, tunjukkanlah kepadaku dan
maafkan karena ketidakmampuanku.

Ya Allah, aku tak tahu apakah aku harus tetap berjalan terus,
atau berputar balik, atau berhenti...
Meski seorang diri dan didzalimi, aku tidak takut selama
Engkau melindungi diriku.
Namun aku akan takut apabila Engkau meninggalkan diriku
meskipun aku dikelilingi orang banyak.

Ya Allah, tunjukkanlah siapa-siapa kawanku dan musuhku.
Berikanlah kesabaran pada diriku untuk memaafkan mereka.
Berikanlah pencerahan dan pelajaran kepada mereka tentang
mana yang benar dan mana yang salah.
Munculkanlah sinar hati nurani mereka untuk mengetahui
apa-apa yang benar dan berani melakukan langkah yang
menuju kepada kebenaran.

Ya Allah, berikan kekuatan dan ketabahan kepadaku untuk
tidak mudah menyerah dan lari dari masalah.
Ya Allah, aku mohon agar aku tetap dapat menjaga integritas
diriku dan tidak mengorbankan kepentingan umat untuk
kepentingan pribadi.
Ya Allah, jauhkanlah aku dari riya, ego, dan keinginan untuk
ingin menang sendiri. Engkau tentu lebih besar dari segalanya.
Ya Allah, selalu ingatkanlah kepadaku bahwa aku ini adalah kecil,
tidak ada apa-apanya.

Ya Allah, aku berserah diri kepadaMu.
Hanya kepadaMulah aku memohon perlindungan.
Amin.

Bandung, 12 Juli 2005.

Kirim email ke