>   Kalau mau mengaku jelas, mengapa MEMPERSULIT
>   yang ingin meninggalkan milis ini? Mengapa sampai
>   berkali-kali ada keluhan mengenai hal ini, tanpa
>   tindak lanjut yang jelas? Apa sulitnya, menambah
>   footer pada akhir milis, perihal cara unsubscribe.
>   (Memang banyak yang tidak akan membaca
>   footer tersebut. Namun setidaknya, diadakan upaya
>   untuk menanggulangi masalah tersebut.)
>   BTW: lalu, tolok ukur untuk mengklaim bahwa
>   pengelolaan milis ini jelas, apa?

Sebenarnya sih ad di header, untuk cara unsubscribe.
Daripada meributkan bagaimana cara unsubscribe, bagaimana kalau Pak/Mbak
Euis membantuk membuatkan dokumennya?

> III.  Azas milis ialah: Take It or Leave It.
>   Yang tidak suka, diminta untuk meninggalkan milis, tanpa
>   mempertimbangkan HAK PUBLIK untuk mendapatkan
>   informasi publik. Setelah beberapa lama "aktif" di milis ini,
>   akhirnya banyak peserta yang menjadi pasif karena
>   merasa pasti, bahwa tidak akan terjadi perubahan.

Lho, kalo ada yg bertanya baik2, dijawab dengan baik2 kok.
Kalo ada yg bertanya dengan memaki2, ya saya jawab dengan memaki2 juga.

Pak/Mbak Euis harus ingat, KEBEBASAN ANDA dibatasi oleh KEBEBASAN ORANG
LAIN. Saya di sini bukan mewakili ccTLD kok. Kita sama2 pemakai milis. Saya
merasa terganggu dengan keberadaan anda, makanya saya minta anda unsubscribe
saja.

Anda merasa HAK ANDA terganggu? Wong HAK SAYA untuk mengikuti milis ini
dengan tenang sudah ANDA GANGGU sejak awal.

> IV. Arsip Milis Yang Tidak Jelas
>   Bisa jadi, melalu milis ini telah tercapai beberapa keputusan
>   penting. Namun, keputusan-keputusan tersebut tidak pernah
>   diarsipkan dengan jelas.

Orang Indonesia memang hobby dengan arsip.

> V. Alat Untuk Mengaburkan/Berbohong/Menzalimi Secara Sistematis
>   Dengan asumsi, bahwa tidak akan ada yang pernah menelusuri
>   ulang arsip, milis ini digunakan untuk membuat pernyataan
> yang kabur;
>   bahkan untuk berbohong dan menzalimi.

Contohnya?
Jangan hanya mengeluarkan fitnah. Anda bisa dituntut di pengadilan.

> Untuk sementara, cukup sampai di sini.

Saya sih pengennya bukan "untuk sementara".
Jadi, kapan anda mau unsubscribe?

- irving
http://www.irvingevajoan.com

Kirim email ke