lah pak Irwan saya memang cuma punya KTP Bandung, belum punya kartu anggota ISOC ID :-).

Karena berita ISOC ID banyak di milis ini saya kira saya boleh "komentar" soal berita ISOC itu..... Kalau komentar saya "tidak dinilai" sebagai "sebuah vote atas tulisan ISOC ID" tentu tidak salah, akan tetapi karena pak Irwan menilai itu sebagai sebuah vote, maka saya dan pak Irwan menjadi "salah paham" :-).

Secara administratifpun pak Irwan telah memiliki kartu anggota ISOC ID, saya hanya punya KTP Bandung. Ini sebuah perbedaan mendasar yg memang saya kira sulit disatukan, dan pada umumnya perbedaan ini berhubungan dengan fasilitas organisasi atau lembaga, penyuaraann ide, hubungan dg demokrasi dll. Sebagai contoh saya memiliki kartu Pusat perkulakan Makro, maka saya boleh belanja disitu dg fasilitas diskon, kalau hanya berbekal KTP tetap kena harga tinggi :-).

Oleh karena saya tak memiliki kartu ISOC ID, maka saya tidak pantas menulis komentar atas tulisan ISOC ID di mailing list ini. Terus terang tempo hari nama saya telah dituliskan di milis isoc-id, dimana saya baca disana ada banyak email bertopik unsubscribe.

Saya agak bingung juga kala itu, pantaskah saya menerima berita email dari mailing list itu ? karena saya bimbang kepantasannya apakah mengikuti cara Makro diatas atau ada tata cara lain, maka saya enjoy saja.

Baiklah sekian dulu dan terimakasih pak, saya cukup memahami situasi nya,saya mohon maaf lho..:-D.

Salam,
-marno-