  [EQ]

  CHRISYE : SEBUAH MEMOAR MUSIKAL
  [Naga Legendaris INDONESIA]
  Oleh : Alberthiene Endah

  Bermimpilah,
  sebab harapan akan memberi hidup

  Berkaryalah,
  sebab seni akan memberi makna

  [Naga belajar . . . sampai menutup mata]

  SUARA SAHABAT

  70. Addie MS : “Pertimbangannya Lama Banget!”

  “AH, MASAK, SALAH KALI, MAS!”
  SAYA TAK PERCAYA WAKTU SUATU SORE DI TAHUN 1984, IA DATANG DAN MEMINTA SAYA
MENGGARAP ALBUMNYA.

  Keberatan saya sangat beralasan Pertama, saya adaIah anak bawang di kancah
pergaulan Chrisye. Kedua, Chrisye sudah sangat identik dengan Yockie
Suryoprayogo. Hampir sepuluh tahun mereka bekerjasama. Bagaimana mungkin
Chrisye kemudian berpindah pada saya! Tapi, itulah yang terjadi. Mendadak, saya
jadi dekat dengan penyanyi yang selama ini jadi idola saya..

  Sebenarnya saya tidak tertalu asing buat Chrisye. Di akhir dekade 70-an, saya
masih duduk di SMA 3 Setiabudi dan aktif bermusik karena sekolah saya sering
mengadakan event musikal. Dart situ saya mengenal Alex Kumara, Sys NS, Keenan
Nasution dan banyak lagi. Dengan nyali yang cukup nekat, saya si anak SMA itu
ikut nongkrong di rumah Keenan, yang jadi tempat kongkow musisi oke.

  Saya juga masuk lingkup pergaulan Chrisye di Badai Band dan Guruh Gipsy. Saya
ingat saya sering diledek mereka karena kelewat serius menekuni musik. Sewaktu
menuliskan notasi, Chrisye dan Keenan berdiri di belakang saya sambil nyeletuk,
“Ciyeeee anak kecil pake not balok nih!” Tapi mereka suportif sekali. Chrisye
termasuk yang cukup menghargai minat saya ke musik.

  Meski begitu, tak urung saya tetap tegang ketika ketiban kerjaan dari Chrisye
di tahun 1984 itu. Apalagi menilik cara kerja Chrisye yang sangat . . . . .
perfeksionis! Chrisye adalah seseorang yang selalu berpikir dalam.
Pertimbangannya gila-gilaan. Dia sama sekali bukan penyanyi yang easygoing.
Nah, bayangkan, itu bersanding dengan saya yang saat itu grogi setengah mati
sehingga kelewat hati-hati. Kami menjadi dua orang yang sama-sama kebanyakan
mikir.

  Untungnya, kerjasama kami menjadi luwes sedikit demi sedikit. Saya salut pada
Chrisye yang dengan begitu rendah hati mau menerima ide-ide saya meskipun
sebelum memberi jawaban ia setalu berpikir cukup lama. Kalau sudah
mempertimbangkan sesuatu, keputusannya bukan dalam hitungan jam. Bisa
berhari-hari.

  Lagu Sendiri yang saya aransemen hanya dengan permainan piano dan English
Horn, semula ditanggapi dengan kening berkerut olehnya. Tapi kemudian, dia
malah sangat excited. Buat saya adalah keberuntungan besar bagi musikus mana
pun yang bisa menangani Chrisye. Ia dengan segala karisma dan keseriusannya
bekerja menjadi tempat belajar yang tiada duanya!

  Dan, satu hal yang sampai sekarang tak pernah saya lupa adalah: penyanyi
sehebat Chrisye saat itu mau bertandang ke rumah saya hampir tiap hari untuk
ngendon di kamar dan menggarap lagu.

  [bersambung ]

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3

Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo!
FareChase.