Original Sender : GP <[EMAIL PROTECTED]>
---------------------------------


At 10:02 PM 4/30/99 , Hadi Wijaja wrote:
>---------------------------------
>
>> Virus CIH ini ngrusaknya diseluruh bagian BIOS (1&2), karena dia seperti
>> program untuk flash BIOS.  Nah kalo di mobo ada jumper untuk proteksi
>> supaya nggak bisa di flash, ... ini baru aman karena virus CIH ini jadi
>> nggak bisa overwrite BIOS (terus dia ngrusak boot & fat dari HD).
>------
>So, kalau kena virus CIH, ini jadi harus isi kembali secara hardware donk ?
>Karena tidak mungkin bisa boot, karena tidak bisa boot, maka tidak bisa
>menjalankan flash (isi) bios dengan data bios yang kita sudah miliki ?
>Bener nggak nih ?

Betul sekalee

>Soalnya anggap-lah kita cabut bios nya dan kita pasang di m/b lain, tetap
>aja nggak jalan, kan suatu hal yang tidak mungkin untuk menboot di m/b yang
>lain yang masih bener, terus setelah masuk dos, dan siap untuk jalankan
>program bios, kita cabut bios yang bagus, lalu kita masukan bios kita....
>Ini kan absurd banget ......tidak mungkin toh, malahan akan merusak !!

Menurut yang pernah mencoba katanya sih bisa.  Ini yang disebut "HOT
FLASH",  tetapi menurut pendapat yang lain katanya kalo chip BIOS itu
kosong nggak bisa.  Nah, sekarang chip BIOS yang isinya udah dirusak sama
CIH ini tergolong kosong atau isi .... terus terang kurang jelas.

>Jadi pemecahan nya gimana ? Apakah ada yang punya hardware untuk mengisi
>bios ini ? dimana ?

Yang terbaik menggunakan alat Copy ROM, jadi mengkopi dari BIOS yang bagus
ke BIOS yang rusak tsb.

Nah  ... mengenai dimana ... kurang tau deh (belon pernah),  ... mungkin
yang lain bisa mbantu.

Regards,
-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-=-
Garind P
"oc the mobo not urself or even anyone else"

----------------------------------------------------------------
Compu-Mania MailingList is provided by PT Centrin Utama
Maintained by   : [EMAIL PROTECTED]
To Post a msg   : Send mail to [EMAIL PROTECTED]
To Unsubscribe  : Mail to [EMAIL PROTECTED]
BODY : unsubscribe Compu-Mania
For more information, send mail to [EMAIL PROTECTED]
with "HELP" in the BODY of your mail (without quote).
----------------------------------------------------------------

Kirim email ke