susah ya masalah kamu,
satu sisi gak boleh protes, sisi lain gak boleh nangis.
kalo menurut aku, perkawinan tuh bisa ddi breakdown jadi beberapa lapis
relationship.
1.  hubungan kasih sayang
2.  hubungan 2 orang berlawanan jenis yang harus dan dsaling memerlukan (mating)
3.  hubungan formal yang memposisikan satu pihak sebagai bapak bagi anak anak
dan  suami bagi istri serta satu pihak lain sebagai ibu bagi anak anak dan
istri bagi suami

ketiga lapisan tersebut  berbeda lembaga, yang 1. hanya bisa dirasakan ke 2
orang yang terikat dalam perkawinan, 2.  dirasakan mungkin oleh lembaga sosial
keluarga dan agama, dan yang ke 3 dirasakan dalam kelembagaan yang lebih luas,
mulai keluarga hingga formal lingkungan.

so you loose first layer, kasih sayang itu sudah tidak nyata antara kalian ber
2.  kalo menurut aku, pertanyaannya "apa kamu sanggup korbankan dan menanggung
konsekwensi hilangnya lapis 2 dan 3 ?"

kalo jawabanku Jangan Sampai !!!
jadi kamu harus tetap perjuangkan 2 lapis yang tersisa dari perkawinanmu,
memang gak mudah tapi itu punya pengaruh paling besar untuk hidup kita pribadi
dan orang2 yang kita cintai dan mencintai kita !!!

selamat berjuang deh, i wish you will have more courage to face it !

dx