Andre:
> Saya jadi berpikir, terkadang yang kita butuhkan agar Tuhan bekerja
> melalu kita adalah IMAN dan bukan OTAK kita. Tetapi terkadang kita
> butuh OTAK kita untuk memahami IMAN kita. Saya jadi merasa seperti
> berada dipersimpangan jalan kebenaran. Seolah-olah quote dari temen
> saya kembali ter-ngiang "tersesat di jalan yang benar".

saya tidak mengerti bagaimana mas andre bisa memisahkan
"iman vs pengetahuan" atau dalam bahasanya, IMAN vs OTAK.

saya juga sulit memahami, apa yg disaksikan bersama dalam
cell-group tsb lebih merupakan 'kesaksian iman' dibanding
'kesaksian pengetahuan -subyektif & spekulatif-' dari
setiap peserta.

ketika kita mengatakan "seseorang baik" atau "tuhan itu baik",
sering yg muncul adalah " orang itu (atau tuhan) menguntungkan
saya pada waktunya". penjual itu baik, karena harganya murah,
karena dengan senang hati memberi penjelasan teknis dsb.
singkat kata: dia menguntungkan bagi saya.

soe hok gie itu baik, dia itu termasuk pahlawan dalam menumbangkan
rajim orla.

arif budiman -kakaknya- bilang: sebagai politikus, gie adalah
politikus yg naif. apa saja dilawan. sebagai ilmuwan, dia tidak
cukup matang dan mengambil posisi yg cukup dng obyek yg dikomentari.

skr kita tahu, dinas rahasia inggris dan amerika bekerja scr luar
biasa di era 60-an utk menumbangkan soekarno. gie, untung, suharto
tak lain dari pion2 demi kepentingan skala politik yg lebih luas
utk spt kalimantan utara & pertahanan thd komunisme yg mengalir daroi
utara ke selatan.

mengatakan "dia baik saja" atau "tuhan itu baik saja" tanpa
pengetahuan atau tepatnya mengolah rasa thd kenyataan diluar
sama berbahayanya.

dalam konteks itu, mungkin obrolan teodise atau dimana tuhan
ketika tsunami menerjang aceh dianggap olah OTAK semata.
padahal dengan pengenalan persoalan yg demikian, kita justru
makin mengenal Tuhan dan bagaimana kita mesti bertindak dalam
batas-batas kemanusian yg mungkin bisa kita lakukan.

Andre:
> Saya teringat ttg Smith Wiggelsworth, bagaimana hamba Tuhan yang
> saya kagumi ini pernah berkata kepada seseorang yang akan didoakan
> kesembuhannya, "PERCAYA SAJA".

Mat. 22:37-38
Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap
HATI-mu dan dengan segenap JIWA-mu dan dengan segenap AKAL BUDImu.
Itulah hukum yang terutama dan yang pertama."

selamat beriman kepada Smith Wiggelsworth!

HBM