To:                     [EMAIL PROTECTED]
From:                   [EMAIL PROTECTED]
Date sent:              Mon, 14 Aug 2000 14:57:27 -0000
Subject:                [proletar] Re: Amandemen UUDS

> dia sendiri. dalam su mpr taun lalu. mpr memberi
> wewenang pada mpr untuk meng-amandemen uud45.
> jadi lebih gampang kan prosedurnya.

    Ini nggak bisa!

    MPR tidak bisa memberi mandat begitu aja kedirinya untuk
    mengamandemen UUD, Kelsen bakal muter-muter dikuburannya.

    Kok nggak ada ahli hukum ketatanegaraan yang protes ketika itu?

    Atau: akibatnya UUD tidak akan jadi stabil, karena tiap tahun
    akan ada amandemen.

    (Bila saya angkat bicara ini tidak berarti bahwa saya menerima
    dekrit 5 Juli).

> jamannya harto, beda lagi. waktu itu
> ada tap mpr tentang amandemen uud, namanya tap referendum.
> kalo disitu dibilang, untuk merubah uud
> harus dilaksanakan referendum, apakah rakyat
> setuju uud dirubah. referendum dianggap
> berlaku, kalo 90% yang punya hak pilih ikut
> referendum, dan hasilnya 90% setuju uud dirubah.

    Artinya nggak bisa diubah!

> dan kita belum punya mahkamah konstitusi...

    Mahkamah Konstitusi menguji apakah ada produk legisatif yang
    sesuai atau tidak dengan UUD.

    Prinsip amandemen UUD itu adalah pinsip hukum ketatanegaraan yang
    didasarkan kepada teori dan logika hukum tatanegara, seperti yang
    dirumuskan, antara lain,  oleh Kelsen.

    Tidak ada keharusan untuk mengikuti Kelsen dll., tapi kalau
    nggak ikut ya akibatnya akan terus-terusan ada krisis hukum
    ketatanegaraan.