To:                     "'[EMAIL PROTECTED]'" <[EMAIL PROTECTED]>
From:                   Rumilah <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Thu, 2 Nov 2000 18:02:02 +0700
Subject:                RE: Herry Novri yang membawa fakta (was Re: pelajaran
berdiskusi  (1)untuk twesman Re: Sunarsi, Sri terus ngibul (was RE: [Istiqlal]

> [...]
> diskusi. kita dalam berdiskusi silahkan kemukakan pendapat anda
> selengkap-lengkapnya tapi harus punya prinsip satu dan harus dipegang teguh
> prinsip ini yaitu jangan sekali-kali anda menganggap bahwa andalah yang
> paling bennar, paling jago, karena yang paling tahu kebenaran yang
> sesungguhn ya adalah yang menguasai jagat raya ini, silahkan berdebat yang
> manis, yang sopan, yang beretika, tunjukkan kepribadian anda dalam
> kata-kata, karena mi.lis ini bukan milik anda sendiri, silahkan lakukan hal
> itu jika ingin diskusi kita ada manfaatnya. Selamat berdiskusi.

    Keluhan dan arah posting anda adalah legitim.

    Tapi inilah masaalah dengan kebanyakan orang Islam: ada berapa
    peserta yang beragama Islam yang bisa tidak lari dari mata
    diskusi?

    Ambil contoh  Herry Novri  ini.

    Saya lansir mata diskusi tentang al-Mushaf yang menurut saya -
    in a nutshell - tidak mesti mengandung semua catatan asli yang
    duluny ada di pelapah daun korma, kulit onta, batu dll. dan
    tidak mesti sesuai isinya dengan  catatan asli itu, mengingat
    bahwa catatan aslinya sudah dihancurkan dibawah khalifah Usman
    dan - jadinya - tidak ada orang yang bisa mengeceknya.

    Statement saya - saya yakin  - adalah logical.

    Dan saya juga berusaha untuk menemptakan al-Mushaf itu dalam
    perspektif historis dan anthropologis.

    Herry Novri ini, yang rajin mengomentari posting saya itu,
    lari-lari ke masaalaah pengetahuan saya dalam bahasa Arab,
    tentang kesukaranpen terjemahan sya'ir, tentang mata uang palsu,
    tentang teknik untuk mengetahui otenktik atau tidaknya sebuah
    karya seni, tentang pelangi  dan entah apa lagi yang
    dibicarakannya  - saya sendiri sudah lupa -. Lalu, dibawa-bawa
    pula orang tua saya ke medan diskusi ini.

    Dan sambil lalu di pakainya pula dusta dalam berdiskusi.

    Karuan saja mata diskusi yang saya bawa tidak disingggungnya
    lagi.

    Namun saya anggap tidaklah  salah bila saya meladeni tiap
    postingnya yang makin lama makin jauh dari mata diskusi yang saya
    lansir itu sementara saya tetap meladeni posting orang lain yang
    tetap membicarakan mata diskusi (lain) yang saya lansir atau
    mata diskusi yang dilansir orang lain.

    Agar jelas bagai para peserta siapa yang mau berdiskusi dan
    siapa yang mau tawuran.

    Ngomong-ngomong kapan akan anda sambut ajakan saya untuk
    membicarakan posisi perempuan dalam ajaran Islam?