To:                     <[EMAIL PROTECTED]>
From:                   "Hario Damar \(MoF staf\)" <[EMAIL PROTECTED]>
Date sent:              Tue, 7 Nov 2000 23:44:29 -0800
Send reply to:          [EMAIL PROTECTED]
Subject:                Re: [Istiqlal] Re: asbabun nuzul (was RE: [proletar]
KEOTENTIKAN AL QUR'AN (AL MUSHAF)

> Assalamu 'alaikum wr. wb.
>
> Ia saya tidak meragukan keotentikan Al Qur'an, namun memang jadi suatu
> masalah bahwa kita tidak bisa mengkonstruksi kembali Asbabun Nuzul dengan
> Riwayat RasullulLah. Bila ada yang berniat membuat suatu riset tentunya akan
> baik sekali.

    Ya inilah masaalahnya, siapa yang berusaha selama ini mengadakan
    penelitian?

    Noldeke etc. (Geschichte des Qorans), Blachere, Watt bukan orang
    Islam dan - ini jug amasaalah - banyak orang Islam langsung
    menolak tiap hasil kerja orang yang bukan Islam.

    Pusat penelitian (artinya dengan memakai metode ilmu sosial)
    mengenai Islam sekarang juga adanya di Paris, Oxford atau Leiden
    dan bukan di Kairo atau di Madinah.

> Contohnya surat Attaubah.. kalau kita baca begitu saja.. tanpa
> tau sejarah ayat itu turun bisa-bisa semua orang di luar Islam kita bunuhi
> semua, potong kepala, potong tangan. Tapi kalau tahu seharahnya, maka
> intinya adalah keharusan menumbuhkan keberanian karena Allah di saat
> berperang, dan keharusan menggunakan taktik yang matang untuk memenangkan
> peperangan yang waktu itu adalah saat perang Badar.

    Ini adalah salah satu pendapat.

    Saya punya pendapat lain lagi.

> Kalau para periset Nasrani melakukan pengujian dan riset sampai mencari
> Taman Eden, kenapa tidak ada dari umat Islam ahli sejarah yang meriset
> keterkaitan antara Azbabun Nuzul dengan sejarah Islam sejak jaman
> RasululLah, kalau bisa sampai setelah perang Salib, dimana mulai terjadi
> perpecahan, dan pemusnahan sejarah.

    Salah satu sebabnya - sebab utama - adalah karena dunia
    perguruan tinggi di negara Islam tidak memiliki kebebasan mimbar
    yang diakui dan dinikmati oleh  universitas di Eropa atau Amerika.