Setiap dari kita memerlukan asupan Protein, karbohidrat & lemak karena dari
ketiga sumber ini membentuk sistem tubuh termasuk pembangunan, perbaikan &
perlindungan.

Seringkali saya mendapati orang yg sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yg
berasal dari hewani namun oleh karena alasan agama, atau pendapat seseorang
lalu tanpa mencari informasi lebih jauh, langsung mengambil keputusan utk
merubah pola makan sehingga akhirnya yg terjadi adalah mengalami tendensi:
Anemia, penurunan energi & meningkatnya aktifitas radikal bebas.

Ada beberapa cara yg bisa dilakukan utk melihat seberapa efektif makanan &
nutrisi yg kita makan apakah memberikan manfaat atau tidak:
1. Melakukan tes darah utk melihat secara spesifik komponen yg ingin diketahui
nilainya di dalam tubuh. Cara ini cenderung jarang dilakukan karena biaya
tinggi dan juga data tidak dapat dipahami oleh orang awam.

2. Dengan cara Life Blood Analysis. Utk cara ini, memang banyak ditemukan dg
biaya yg relatif murah. Namun sayangnya banyak tempat yg melakukan tes seperti
ini yg tidak disertai dg dasar pengetahuan yg scientific sehingga akhirnya
hanya dipakai sebagai GIMMICK utk menjual sesuatu. Dan kebanyakan orang hanya
fokus kepada agregasi sel darah merah dan tanpa melihat marker lainnya.
Sedangkan beberapa marker lainnya itu tidak kalah pentingnya seperti kerusakan
membran sel darah (bilipid) yg menunjukkan seberapa tinggi oksidasi membran sel
darah dan aktifitas radikal bebas.

Untuk mendapatkan gambaran seberapa baik nutrisi
/makanan/suplemen yg kita konsumsi itu terserap oleh tubuh, saya masih melihat
metoda Live Blood Analysis ini masih tetap yg murah, efisien & dapat memberikan
gambaran yang baik tentang kondisi kita saat ini.

Semoga bermanfaat

NIko