Terima kasih banyak kepada pak Donny, ND atas masukan dan bantuannya J salam
sehat dan sukses selalu untuk milis Dokter Umum ini

Best Regards,

Astrawinata G

From: dokter_umum@yahoogroups.com [mailto:dokter_u...@yahoogroups.com] On
Behalf Of Dr(Naturopathy). Ir. Donny Hosea MBA. PhD
Sent: 14 Januari 2010 12:01
To: dokter_umum@yahoogroups.com
Subject: Re: [Dokter Umum] paget

Yth Ts Astrawinata,

Saya setuju banget dg anda utk "lebih baik bersiap untuk yang terburuk
daripada berharap untuk yang terbaik"
Utk itulah saya bertanya ttg alternative yg bagaimana yg sedang dicari
oleh sdri Sarah karena sekali lagi saya kuatir ybs mencoba berbagai
alternative karena merasa bahwa operasi merupakan tindakan baku utk
menyelesaikan masalahnya, sementara perkembangan yg terjadi toh tdk
dicari dg benar apa masalahnya.

mengingat biopsi adalah mengambil secuil jaringan yg artinya merupakan
destructive test, pada hal concern tersebut bisa memicu perkembangan
lebih lanjut, maka barangkali akan lebih bijaksana utk melakukan non
destructive test yg sebenarnya masih cukup banyak semitsal test2 penanda
tumor, test image yg tdk memicu perkembangan tumor dlsbnya.

Jadi lihat dulu semua pemicu terjadinya luka yg mungkin, setelah melihat
bentuk n visual check yg terjadi,
lakukan test2 penunjang yg non destructive, dapatkan stadium n kondisi
yg benar, analisa kondisi n stadium apakah dimungkinkan progress
dijalankan dg protokol yg lain ataukah memang harus dilakukan operation
procedure.
Itulah kanapa saya katakan utk membutuhkan profesional dlm menenutukan
case ini.
Jadi tdk sekedar mencoba n mencoba ke alternative yg juga tdk tau dlm
posting ini akan dituju ke siapa n bagaimana?
jadi tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada semua profesi yg tergabung
dlm millis ini, saya inginkan ybs utk lebih terbuka, melihat berbagai
kemungkinan terhadap kasus yg dlm tulisan seolah langsung dlm
pemeriksaan pertama menunjuk pada "paget" tanpa ada korelasi pemeriksan
penunjang lainya atau tdk diceritakan dlm pertanyaanya.
Demikian juga ybs tdk dg serta merta berputar pada mind set bahwa harus
n hanya operasi sebagai jalan keluar masalahnya tersebut, tanpa melihat
berbagai kemungkian dlm troubleshoot sign tubuhnya tersebut.
Itulah gunanya millis ini yg anggota terdiri dari berbagai disiplin ilmu
yg ikut mencerdaskan Bangsa Indonesia dlm menuju Indonesia sehat yg
dicanangkan mulai 2010 ini, tentunya dlm bidang kesehatan diri, demikian
juga agar sesuai dg misi n visi pendiri millis dokter_umum yg memang
berbeda dg millis2 lainya

Demikian, semoga bermanfaat bagi sdri Sarah, sdri Henny n juga para
anggota millis yg tercinta, n menjadi jelas apa yg ada dlm pikiran saya
bagi Ts. Astrawinata

Sallam,

PS. Utk Ts, Astrawinata, terima kasih, tetapi penggunaan dr nantinya
akan menimbulkan polemik lagi, karena dr sepengertian nya adalah
monopoli dokter di Indonesia, n saya adalah Doctor dlm bidang
Naturopathy (ND, Ph.ND) yg juga mempelajari health care.
Sallam,

Astrawinata G wrote:
> Sebelumnya saya mohon maaf kepada dr.Donny, Mbak Henny. Pengalaman pribadi
> Mbak Henny tentu sangat bagus sekali untuk diterapkan, namun pada kasus
Mbak