kejadian ini bukan pertama kali dan bukan terakhir kali dimana asset
pricing itu bisa bubbled dan katanya greenspan "irrational
exuberance"..

dulu tahun 2001 jamanya dotcom, asset persh dotcom yang gak punya
profit , setelah publik bisa punya forward P/E ratio 200 kali !
pasar naik setahun terakhir sebelum hancur.

tahun 2002-2006 ada lagi bubble di asset pricing land value di AS
dan Yurep yang menyebabkan subprime mortgage crisis, again tahun
2007 hancur lebur/crash.

tahun 2008, mulai lagi asset commodity bubble sebagai akibat dollar
inflation (dari pertengahan 2007) yang nantinya akan bernasib sama.

Sama seperti dotcom, pemainya juga sama.

Bedanya di commodity market skrg, traders memanfaatkan regulation
loophole di ICE commodity futures (london) dan mungkin juga di Dubai
Mercantile Exchange.

Problemnya kata mereka, terlalu banyak pension fund yang spekulasi
passive index di commodity market dan menggunakan strategi calendar
spread.

Coba search "john mauldin" paper, saya juga dapat internal review
dari salah satu investment bank di AS kalau mereka juga ketakutan.

Sebenarnya, saat ini banyak supply yang bahkan tidak bisa dijual.

Welcome to Irrational Market. teori laizzes-farre itu bisa jalan
cuman jika ada very strict regulation.

Solusi yang disodorkan para trader untuk mencegah asset bubble di
commodity pricing adalah increasing margin requirement.

thx,

carlos

--- In ekonomi-nasional@yahoogroups.com, "Sang" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Ini yg saya malah makin bingung sekarang-sekarang ini....
>
> Liberalisasi segalanya sepertinya bukannya bikin harga makin
murah,
> makin efisiensi dari segi produksi, bukannya makin efektif
> distribusi barang... tapi kok segalanya makin tidak karu-karuan...
> Mulai dari terigu, gula, beras, minyak sayur dll
>
> Minyak bumi yg dikonversi jadi BBM kok bisa jadi naik melambung
> tinggi dipasaran global? padahal sekarang sistem laissez faire
> liberalisasi perdagayang yg semestinya makin efisien dalam hal
cost
> [...]

Kirim email ke