Saya ikutan komentar...boleh dong...

Kalau nggak salah, model di Korea itu awalnya dari prakarsa pemerintah juga
yang try and error dengan mensubsidi pedesaan disana setelah perang besar
(tahun berapa tuh?). Dari situ barulah dilihat desa mana yang punya
semangat self-help, cooperative dan diligence itu. Melalui proses seleksi
ini barulah dibina daerah yang memang punya potensi tsb.  Jadi, semangat
itu diharapkan memang sudah ada/timbul dari penduduk desa, di support oleh
berbagai pihak, dan dipercepat dengan adanya pionir-pionir di daerah.

Tapi nggak cukup cuma itu , krn di pemerintahannya juga ada proses
'pembersihan' dari 'tikus-tikus birokrasi'.  Ini tentunya perlu power yang
besar sekali dan punya wewenang untuk masuk ke dalam jajaran birokrasi.
Mungkin yang dimaksud disini kekuasaan militer.

Disini ada proses dari dua arah, dengan visi dan tujuan yang sama.

Untuk model Saemaul Undong, yang perlu jadi perhatian adl pentingnya
kesadaran moral di antara para pelaku, sampai-sampai ada satu kegiatan
khusus mengenai ini, dimana para pesertanya dikarantina selama beberapa
bulan supaya 3 prinsip itu betul-betul ngelotok.   Saya lupa apa namanya,
tapi mungkin Mas Riyan lebih tahu.

Kalau memang begitu, apakah berarti di sini tidak ada pionir? Tidak punya
kesadaran? Atau memang tidak punya moral?  Mudah-mudahan tidak.

Makasih dulu.

EH