Mungkin yang dimaksud adalah relatif sensitivitas. Kalau diambil contoh
dari gambar yang telah dikirimkan, bisa dibilang density tidak sensitif
untuk membedakan wet sand dari shale. Sementara velocity (P-vel
mestinya) lebih sensitif untuk membedakannya.

Untuk density log, sekedar mengingatkan bahwa logging tool yang dipakai
umumnya merupakan pad-contact, sehingga sensitif (ini absolut) terhadap
borehole. Dan umumnya juga tidak terlalu dalam pembacaannya (sensitif
terhadap invasi). Sehingga kalau melihat banyak overlap, mungkin bisa
dicek apakah benar log-nya membaca formasi. Sebagai contoh, jika jpg
yang dikirimkan berasal dari data Tertiary, maka mungkin pembacaan
density untuk shale dibawah 2.1 g/cc bisa "dicurigai". Jika benar efek
dari wash-out, tentunya bisa mempengaruhi kesimpulan feasibility/PEM
atau lebih jauh lagi, mempengaruhi ekstraksi wavelet.

My 2 cents ...

F. Hasan Sidi
Fugro-Jason Australia BV
Phone: +61 8 9420.6056