Soal gusur menggusur Rumah Dinas bagi anggota TNI, kelihatannya gak perduli
pangkatnya cuma prajurit rendahan, atau pangkat Jendral, bila diputuskan oleh
instansi terkait harus segera keluar, ya harus keluar. Tidak ada pilihan lain.
Bagi pensiunan Jendral yang mendiami Rumah Dinas, kalau gak salah maksimal 6
bulan setelah pensiun harus sudah keluar dari Rumah Dinas.
Persoalan akan muncul bila saat itu Rumah Pengganti masih belum siap.
Itu terjadi pada kakak saya yang Jendral Bintang 2, tergopoh - gopoh harus
keluar dari rumah dinasnya ketika di pintu rumahnya tertempel stiker harus
segera keluar dari rumah dinasnya paling lambat 5 hari terhitung sejak stiker
tersebut ditempelkan.
Walaupun Rumah Pribadinya belum selesai dibangun, ya terpaksa ditempati apa
adanya, daripada dipermalukan oleh instansi terkait.
Kakak saya yang lain dengan pangkat Kolonel Senior juga mengalami nasib yang
sama.
Begitu pensiun dan menerima surat perintah untuk segera keluar dari Rumah
Dinas, ya langsung keluar saja untuk menghindari dipermalukan oleh para
prajurit rendahan (tentu saja atas perintah dari pihak yang memiliki otoritas)
yang akan segera menggusur paksa penghuninya karena yang bersangkutan telah
pensiun dari dinas TNI.
Tetangga kakak saya yang pensiunan Jendral Bintang 3, karena terlambat keluar
dari rumah dinas akibat rumah pribadinya belum selesai dibangun, seluruh barang
- barangnya dikeluarkan dari rumah secara paksa dan diletakkan di pinggir
jalan, menunggu untuk dinaikkan kedalam Truk yang akan disediakan oleh Intansi
TNI terkait.
Para Prajurit Rendahan yang melakukan eksekusi penggusuran terhadap Rumah
Pensiunan Perwira Tinggi sama sekali tidak punya sopan santun dalam
pelaksanaannya.
Jadi pensiunan TNI memang kelihatannya sangat tidak menyenangkan.
Saat masih aktif dengan pangkat Jendral, mustahil ada Perwira Menengah, apalagi
Prajurit Rendahan berani bertindak kurang ajar terhadap yang bersangkutan.
Tetapi ketika sudah pensiun, jangankan seorang Perwira Menengah, bahkan seorang
Prajurit rendahanpun berani bersikap sangat kurang ajar terhadap Pensiunan
Jendral tanpa takut ditindak oleh Instansi yang menaungi mereka.

Kelihatannya posisi Pensiunan Pegawai Negri Sipil lebih dihormati oleh Instansi
terkait dan lingkungan kerjanya dibandingkan dengan perlakuan yang diterima
oleh Pensiunan TNI, baik dari Instansi terkait maupun dari anggota TNI Aktif
dari instansi tersebut.
Menyedihkan memang, tetapi katanya itu sudah menjadi tradisi di TNI sejak
Republik ini berdiri.

Salam,

Adyanto Aditomo