Mas Tjuk,

Saya  ingin juga spt mas Tjuk yg mengidentifikasi dir sbg anak ideologis
Bung Karno..

Dan mestinya..dlm implementasinya .. itu juga berarti nggak boleh nyerah

Minggu lalu sy bicara dgn senior sy, yg juga bersuara spt mas Tjuk.., sudah
berusaha macam macam tapi hasilnya nol..sehingga jadi pesimis..

Saya bilang ,, kalau bertambah lagi jumlah orang baik yang diam... ya
pantaslah orang jahat makin kuasa...dan terwujudlah pesimisme kita..

Saya masih beruntung.., walau berucap keras.., masih diajak diskusi ..
belum dalam taraf nggak diundang, khususnya dalam masalah pertanian
dan  fair trade..

Pak Anton...yg Mentan kalau ada waktu  masih mau mendengar pemikiran sy..
Pak Iqbal yg ketua KPPU juga masih mau mendengar ocehan entah liwat telpon
maupun  sms atau ketemu langsung..

Kesimpulannya, masih banyak baik pejabat maupun pemikir yg dengan seluruh
jiwanya , mau memperbaiki negara ini.. tapi amat luar biasa hambatannya...

lalu.. ya .. kita perjuangkan aja keyakinan kita dgn hati tulus... walau
bartangkali banyak yg bilang... kok kita bisa nya cuma protes aja...

Memang beda tipis antara protes.. dan memberi usul.. tergantung bagaimana
menghayatinya...

Saya termasuk yg berpendapat bhw bencana ... memang dimulai di
era  orba...walau tentu tak semua kebijakna orba salah... , tapi basis  nya
iya .. lebih banyak  salahnya..

Sekali sekali terasa pesimis bukan saja boleh  malah memang manusiawi lah..
tapi orang seperti Mas Tjuk... pastilah detik berikutnya sudah melupakan
pesimisnya.. dan berjuang lagi...

Masih adakah peluang   ??.. tanya Mas Tjuk..

ya..masih ada.... bila makin banyak orang baik tidak mau berhenti berjuang...

dan ada orang yang dengan intelektualnya mau merumuskan kebijakan yg
benar...lalu kita dukung..

  di milis ini banyak orang pintar..

apalagi di tanah air kita..

dunia kita makin hancur jika.. yg dominan menguasai ada dua.. orang jahat
dan orang bodo..

Jadi misalnya hati hati.. dengan semboyan anti impor.. yg dikeluarkan orang
jahat..... , kita termasuk bodo jika nggak mampu memilah..mana impor yg
baik mana yg jelek.. seperti mana ekspor yg baik mana yg jelek..

soalnya seringnya yg begituan.. maunya  orang lain nggak impor tapi dia
sendiri utk kepentingan kelompoknya ..boleh...

Belum  lagi masalah fair trade... yangg oleh kelompok kekuatan tertentu di
dikotomikan dgn kebebasan pasar... free trade..

Dimana mrk mengagulkan free trade yg bisa melindas fair trade..lha di Brat
sendiri... free trade dibatasi kok..

Eh jadi ngelantur... ini gara gara mas Tjuk kebablasan...menyebut sy
memberi kuliah ekonomi pembangunan.. yang tentunya makro yg saya betul
betul nggak ngerti..smile...

Saya suka tercenung.. kok Saudi SAabia dan Singapore yg apa apa ..
makanannya juga impor kok... tenang aja ya...nggak teriak soal ancaman
pangan... Mungkin krn Singapore banyak SDM handal.. sementara Arab.. banyak
kedatangan peziarah ya.. ??

Merdeka

Haniwar