Kemarin sepulang dari kantor, ada ajakan dari teman untuk makan di sebuah resto
bernuansa Jawa di Bandung. Iseng saya memakai rok lilit yang saya beli di Pasar
Bringharjo, Yogyakarta.

  Pas pulang ke kos, Ibu kos saya langsung 'heboh' melihat rok lilit saya.
Beliau bergegas masuk ke kamarnya dan keluar sambil membawa sebuah celana
panjang batik, dengan motif & bahan yang sama persis dengan yang saya pakai!.
Menurut Ibu kos, beliau membeli celana tersebut pada saat pergi ke Malaysia
beberapa tahun silam. Kebetulan saya juga membeli rok lilit itu beberapa tahun
yang lalu juga.

  Seingat saya, waktu mau membeli rok tersebut, karena harganya lumayan mahal
untuk ukuran Bringharjo, pembelinya bilang hal itu karena rok tersebut asli
buatan Pekalongan. Motifnya bunga dengan gambar tumpal di sekitarnya, termasuk
motif batik yang cukup familiar deh.

  Bener2 ya, sampai motif aja ditiru persis...

  Mira