Ganjar Kecam Akun Palsu Bergambar Dirinya yang Serang Sudirman SaidKONTRIBUTOR
SEMARANG, NAZAR NURDIN
Kompas.com - 16/02/2018, 11:00 WIB
Ganjar Pranowo tinggalkan rumah dinas Gubernur Jateng di Semarang, Rabu
(14/2/2018).(KOMPAS.com/ NAZAR NURDIN)
SEMARANG, KOMPAS.com — Calon gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecam
sebuah akun palsu yang bergambar wajah dirinya di lini masa Twitter, yang
menyerang kompetitornya  pada Pilkada Jawa Tengah.

Akun bergambar wajah Ganjar dengan nama @ganjar2periode  itu menulis kalimat
provokatif bernuansa ujaran kebencian (hatespeech).

"Alhamdulillah (sudah) ini dikejar, diproses, meski akun itu menghilang. Saya
ingin sampaikan bahwa cara seperti itu kampungan, ndesa, dan tidak mendidik,"
ucap Ganjar, Jumat (16/2/2018).

Akun @ganjar2periode sempat memosting gambar Sudirman Saidbeserta
kalimat-kalimat provokatif. Belum jelas siapa yang diduga melakukan perbuatan
itu.

Tim hukum Ganjar Pranowo kemudian melaporkan temuan itu ke Satgas Cybercrime
Polda Jawa Tengah. Akun itu kini sudah tak lagi bisa diakses.

Ganjar mengatakan, pihaknya dan Sudirman mempunyai hubungan yang baik. Ia
mengaku tidak mungkin menuliskan kalimat provokasi seperti itu di media sosial.

"Ketika ada Tweet pakai nama @ganjar2periode, tapi isinya fitnah kepada Pak
Sudirman Said saya pertanyakan. Saya dengan Pak Sudirman Said baik-bak saja,"
paparnya.

Ganjar mengecam tindakan itu sebagai hal yang tidak masuk akal. Ketika tidak
senang dengan seorang,  sebaiknya hal itu disampaikan dengan baik.

"Itu gila, padahal ada wajah saya. Saya sampaikan di akun itu, Kenapa Anda tega
gunakan nama saya untuk fitnah orang," tambahnya.

Akun @ganjar2periode yang sempat mengunggah gambar disertai tulisan yang diduga
berisi kampanye hitam itu pun telah diblokir.

Kirim email ke