Temans semua,

Tadi malam saya kebetulan hadir dalam pertemuan Kepala Dinas PU
Provinsi Gorontalo, pak Amir Tumulo, dan pak Suharso Monoarfa (anggota
panitia anggaran DPR RI, stow). Mereka membicarakan tentang pembuatan
kanal-kanal yang cukup besar untuk "membelokkan" arus Sungai Bone,
rehabilitasi Danau Limboto, penyelamatan hutan-hutan dan bantaran
sungai2 kita, dan lain-lain... Saya lihat mereka berpedoman pada hasil
penelitian CIDA, dan juga JICA, yang dibuat pada tahun 2002 (selama
ini hasil riset multidisiplin itu hanya menjadi sekadar arsip, baru
sekarang "ditemukan" kembali oleh Kadis PU yang baru).

Kalau rencana mereka itu terlaksana dengan baik, saya yakin kita tidak
akan lagi membicarakan persoalan banjir mulai tahun 2010. Mudah2an
hasil2 riset dari teman2 di UNG juga dapat memberikan kontribusi
terhadap upaya mengatasi masalah banjir ini.

Odu olo,

Elnino

Kirim email ke