Tolong Pak Nurdin Posting Juga Data-Data Hasil Penelitian Pak Nurdin
dan Pak Jailani tentang Proses Pemupukan dalam menunjang PROGRAM
AGROPOLITAN. Apa Iya Agropolitan Perlu di Kaji Kembali sedangkan
sebelum Program Agropolitan tersebut di Laksanakan di GTLO, tidak ada
satu orang pun akademisi atau ahli pertanian di GTLO atau di wilayah
Sulawesi yang mengadakan studi kelayakan program tersebut.BahkanPak
Nurdin, dkk turut mendukung Program tersebut melalui hasil penelitian
di atas.

Saya hanya bisa kasih saran, alangkah baiknya petani di GTLO dapat
beralih komoditas dari tanaman jagung ke tanaman lainnya, karena
jagung merupakan tanaman yang sangat intensif menggunakan unsur hara
dalam tanah terutama N,P dan K.
Kebetulan saya sudah menulis di JURNAL Departemen Sosial tentang
Rencangan Model Aksi Sosial Melalui Pelatihan Keterampilan Bagi Petani
dalam Rangka Alih Komoditas di Provinsi Gorontalo.

Sori Terlambat, wau bolomaapu ju

By

MIB
--- In gorontalomaju2020@yahoogroups.com, "Nurdin Baderan, SP"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ass..kanda alex waraney van gorontalo
> pembukaan...
> saya teringat waktu masih berjuang hidup dimanado dengan kata
"Waraney" yang merupakan nama kelompok milisi yang menamakan milisi
waraney dengan simbol burung hantu..burung hantu punya tipikal mata
bulat dan pandangan tajam serta selalu waspada, sigap walaupun
badannya relatif kecil (hanya sekilas tahu saja)..kanda alex ini punya
analisa yang tajam, pendangan jauh kedepan dan siap bekerja (analisa
saya saja dari kata-kata kanda)...maaf jika salah ya..

> Batang Tubuh.
> sebelumnya terima kasih atas respon baik dan
autokritiknya..tanggapan balik saya terhadap apa yang kanda sampaikan
adalah optimalisasi peran semua komponen yang terlibat dalam program
Agropolitan..apakah yang saya ungkapkan bisa dilaksanakan?? menurut
saya bisa...jika semua komponen sudah mengetahui dan paham apa
perannya masing2..pemerintah sebagai pemegang warganya terutama petani
terkait dengan pengembangan pertanian dengan program agropolitan di
gorontalo bukan hanya menciptakan program saja tetapi harus diikuti
dengan petunjuk dan pedoman pelaksanaan program tersebut dari level
top leader sampai ke level bawah (petani)..pertanyaaannya kemudian
adalah apakah bisa diimplementasikan?? c.q pernyataan saya, apakah
yang saya ungkapkan tentang pertanian tepat dalam program agropolitan
bisa dilaksanakan?? jAWABANNYA BISA..kenapa demikian, karena apa yang
saya sampaikan sebagian besar adalah kewajiban pemerintah yang punya
dana dan power untuk merealisasikan
>  itu semua..contoh GPS untuk mengontrol kedalaman pengolahan tanah,
bukan petani yang mengadakan tetapi pemerintah (harganya mulai dari
Rp1,6juta-) dan untuk lahan pertanaman jagung yang sesuai saat ini
(non lahan miring >25%) mungkin hanya butuh 5-10 unit..informasi
pemupukan tepat dibuat oleh pemerintah dengan ketelitian yang tinggi
sehingga efisien..waktu tanam yang tepat disusun berdasarkan kalendar
tanaman dengan data iklim per stasiun iklim (BMG Isimu, statiun iklim
paguyaman, marisa, kabila, suwawa, kota gorontalo)..bibit jagung yang
adaptif dan toleran sudah banyak tersedia (termasuk
hibridanya)..Alsintan sudah tersedia saat ini tinggal dikelola lebih
efektif dan efisien..sarana penjemuran jagung beserta gudangnya sudah
tersedia (milik pemerintah dan swasta)..sarana transportasi hasil
panen juga sudah tersedia..ketersediaan pupuk bersubsidi juga banyak
(asal tidak diselewengkan penggunaannya)..badan penyuluh pertanian
beserta organisasinya dalam
>  bentuk asosiasi penyuluh pertanian juga sudah terbentuk di
gorontalo...pemasaran jagung juga sudah jelas kemana tujuannya..jadi
sekarang apalagi yang perlu dikhawatirkan..yang saya kwatirkan adalah
adanya sarana dan prasarana produksi pertanian untuk agropoliatn ini
menjadi sia-sia karena tidak dioptimalkan pemanfatannya..karena
semuanya berorientasi pasar dan penciptaan image pasar saja. padahal
pasarnya sudah baik tinggal memperbaiki kualitas dan kuantitas produk
jagung kita dengan menerapkan pertanian tepat salah satunya...

> penutup
> bagaimana kanda alex waraney van gorontalo????
>
> Nurdin

Precision Farming
> To: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
> Date: Saturday, September 13, 2008, 12:23 PM
>

>             Hehehehe..  Di UNG ada sembilan orang yang gayanya
seperti pak Nurdin ini
> (tim sembilan). Tapi kalu sudah ngumpul malah cari soto ayam dan
pisang goreng, bercanda sampai larut, bahkan ada yang sampai disusul
istrinya..
> Skarang serius..  Mendahului pak Nurdin, sebagai informasi kami
sampaikan pada bung Alex bahwa kami punya tim dari berbagai disiplin
ilmu yang selalu mengkaji hal2 seperti ini. Ada beberapa program yang
sudah seperti pemberdayaan masyarakat pesisir oleh pak ade dkk,
teknologi tepat guna oleh pak Syahrul dkk, kajian tentang identifikasi
lahan dan data base pertanian oleh pak Nurdin dkk. Ada yang
dilaksanakan secara mandiri, ada pula lewat kerjasama kemitraan
melalui bappeda, litbangpedalda, LPM UNG, Deperindag,  dan lembaga2
terkait lainnya. Alhamdulillah semua kegiatan kita mendapatkan respon
positif dari pemerintah maupun masyarakat. Jadi semuanya sudah kita
implementasikan di lapangan.
> Cuma saja dalam dua tahun terakhir ini masih banyak kegiatan yang
kita pending karena kita semua sudah terpencar melanjutkan studi baik
diluar negeri maupun luar Gorontalo. Tapi kita tetap masih
berkomunikasi dan merancang hal2 yang bisa kita kerjakan ke depan.
Insya Allah dengan banyaknya masukan yang sangat berharga dari bung
Alex dan teman2 lain akan memberikan energi positif bagi kami untuk
terus melanjutkan perjuangan membangun daerah tercinta.