Pls scroll down..

  _____

From: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
[mailto:[EMAIL PROTECTED] On Behalf Of dewi_gorontalo
Sent: Friday, October 31, 2008 12:12 PM
To: gm gm
Subject: [GM2020] Ironi Banjir & Studi Banding 15 Anggota Dewan ke Vietnam

DEar temans,

Dari ruang simposium Gender Consortium, seharusnya saya sudah tenang untuk
menghadapi final challenge program fellowship ini. Tapi ada satu hal dari
kampung yang cukup menggelitik...

Studi Banding Wagub & 15 Anggota DPRD ke Vietnam tanggal 1 November....
semalaman, saya tidak bisa tidur, nervous dengan simposium final saya dan
berita yang saya terima. Bagaimana bisa anggota Dewan kita yang terhormat,
ditengah banjir yang sedang melanda rakyat Gorontalo, banjir yang
melumpuhkan ekonomi rakyat kita hendak melenggang kangkung ke Maize research
CEnter Vietnam(How come???by bus mungkin).

Saya bahkan sempat memvalidasi berkali-kali ke informan saya, benar 15 orang
anggota dewan itu yang pergi???? Berkali-kali juga dia meyakinkan bahwa itu
benar.
Tujuan studi bandingnya, kata teman saya itu, untuk mempelajari PERDA Maize
REsearch Center di Vietnam. melihat langsung research centernya.(KAMI YANG
SUDAH MERDEKA LEBIH DARI 60 TAHUN LALU, SEKARANG MAU BELAJAR DARI YANG BARU
MERDEKA 20AN TAHUN LALU..ITU NAMANYA TINGKAT ABSORBSI OTAK KITA DI GORONTALO
MIRIP TE BAHALUL..)

Saya jadi berfikir-fikir, studi banding, PERDA...hmmm, why 15 orang (di luar
wagub and orang2 dinas pertanian(GMIC yang ikut))+istri2
masing-masing...hmm, what a waste...(TIDAK TAU KALAU DI NEGERI TANGGA 2000,
TETAPI DI IBUKOTA, KALAU PERJALANAN KE L.N., ADA YANG SELAIN BAWA "RANTANG",
ADA JUGA MEMBAWA CUKONG YANG SIAP DENGAN CASH MEMBAYAR BLANJAAN SI POJABAT
!)

walaupun bukan seorang ahli matematika, saya berhitung-hitung juga. Jika
biaya perjalanan keluar negeri setiap anggota dewan adalah Rp.
15.000.000/orang and wagub at least Rp.30.000.000 and pejabat GMIC  at least
5 orang masing-masing Rp. 10.000.000.....
maka at least Dana daerah yang dikeluarkan untuk kegiatan studi banding ini
at least Rp. 305.000.000 Cukup besar jika dibandingkan dengan PAD
kita....(COBA MENGHITUNG BUKAN PAKAI MATH TETAPI PAKAI LOGIKA POJABAT
GORONTALO, PASTI HITUNGANNYA KURANG..MOHILE DUHENGI SEPERTI KETIKA KANAK2
DULU KITA SELALU MINTA TAMBAH KALAU BELI KACANG MO TORE..)

hmm, dan hasil dari studi banding seperti ini biasanya 0.cobalah tengok
hasil studi banding ke Mexico kemaren....(TANYA SAMA SUDARAKU PROF. WIN DAN
BOSSNYA.)
Lagian Maize research center di Gorontalo itu menurut beberapa sumber lebih
cocok berada di Maros..(MENOLAK PROYEK? BUAYA NOLAK BANGKAI? NEVERRR!
).hmmm,cobalah tengok juga beberapa studi banding kita ke luar
negeri...Program Sister City dengan General Santos misalnya, dimana Ketua
Dewan and hampir semua Bupati ikut serta, progressnya sudah sampai
dimana???any ideas???(SO SAMPAI DI DALAM LACI KANTOR DALAM BENTUK CAKAR
AYAMNYA, LAGIAN ADA ALASAN TEPAT : BAHASA INGGRISNYA BO LO HULI TO U
NGOPITA.KHEKHEKHE.AKKEH NANAWA'U) it goes nowhere. Program itu justru mandek
di Dewan kita yang terhormat, yang tidak menyetujui draft rancangan
kerjasama itu unless mereka ramai2 lagi studi banding ke General
Santosss....booo!!!!!(PANTASNYA STUBAN KE NEGERINYA KOPRAL DJONO, DI
RANDUDONGKAL,JATENG)

Saya hanya mencoba membayangkan, seandainya dana sebanyak itu digunakan
untuk membantu para korban banjir di Gorontalo, pasti akan cukup meringankan
beban mereka...
Adakah dana sebanyak itu digunakan untuk program yang lebih
bermanfaat???(SESAMPAI DIRUMAH, PAITUA ANGKAT CERITA SAMA MAITUA : NO'U,
WA'U ME LO DUNGGAYA WO LE TI JENDRAL SANTOS..YIII, BO MOISOMO DELO ITO TIYO
BUAI.HARAPU'U MOPUSIO GAGAGA...DIA SEDANG MEMBODOHI ORANG RUMAH, PADAHAL DIA
BO KELILING KAMARI ITU RED LIGHT PART OF THE CITY.HE HE)

Jika hanya untuk tujuan studi banding perda, mengapa tidak mengirim legal
drafter kita aja kesana??? 3-5 orang akan cukup efektif, jika yang dikirim
adalah benar2 mereka yang ahli dibidangnya...(LEGAL DRAFTER..WOLO
BOITO..BORO2 NGERTI..)

hmm,,,, but it is just a thought, dari ruangan Gender Consortium Flinders
University, Adelaide. I wonder wether there is someone who has the same
thought as i do, or at least the same concern as i do.....(I DO.I DO.LOVE
YOU.WITH ALL MY HEART : LAGU TERKENAL  HE HE HE.)

Salam,
Dewi