NASIONALISME VS. AGAMA

Terima kasih boss atas keterangan yang mencerahkan.
Menurut pendapat saya, satu waktu dichotomi antar golongan agamis/Islam
dan nasionalisme akan memudar. Masalah agama akan menjadi pilihan tiap
individu secara pribadi dan paksaan2 menuruti paham agama tertentu akan
menjadi tradisi saja dan tidak akan lagi mempunyai kekuatan politik.
Demikian pula paham nasionalisme, dengan kenyataan teknologi bisa
menembus proteksi batas negara yang dikenal dgn istilah borderless
society, chauvinisme hanya akan menjadi  something of the past. Dengan
semakin terdidiknya rakyat, makayang akan menggantikan peranan kuat kaum
agamis dan nasionalis adalah sosialisme/humanity dan kapitalisme,
kasar2nya dikatakan kemanusiaan/belas kasihan disatu pihak melawan
kapitalisme/ambisi manusia yang didorong oleh he he he keserakahan.
Kapitalisme mengatakan : mari kita besarkan kue ini dulu dan setelah
besar baru di agi-bagi.Kalau ada yang in the meantime mati kelaparan,
maka itu adalah seleksi alam sehingga ras manusia terdiri dari manusia
"kuat" tahan banting. On the other hand, golongan sosialis mengatakan,
eh, torang so lapar skarang  en cepat bagi2 tu kue sebelum torang mati
lapar.
Di Amrik, ini pooli menurut pendapat saya, 2 golongan yang kontrdiktif
tetapi saling menjaga keseimbangan itu adalah kaum liberal dan satunya
lagi konservatif-- orang2 yang berpikir seperti Obama dan yang
berpendapat seperti Bush jr. E eh eh, sampe disini dulu nanti sambung
lagi sebab maitua so pangge mo kaluar, jadi pengawal.
Tolong gimana pandangan Funco Tanipu, Elnino, Kyai Sur dan lain2 pemikir
serius....

Salam&sori, OH

<*> Your email settings:
    Individual Email | Traditional