Saya orang awam dalam pengetahuan agama. Saya hanya memahami beberapa prinsip
atau asumsi dasar dalam keberagamaan.
Tidak ada perbuatan baik yang sia-sia. Menyingkirkan onak di tengah jalan saja
bernilai ibadah apatah lagi membaca ayat2 suci. Membaca Al Qur'an, kapanpn,
dimanapun dan oleh siapapun, selama syaratnya dipenuhi, pasti bernilai pahala.
Tidak ada larangan membaca Al Quran di doa arwah 7 hari. Mencetak surat Yasin
di doa arwah 40 hari pasti bernilai da'wah. Bolehkah kita memandang atau
memperlakukan majelis 7 hari atau 40 hari sebagai majelis da'wah? Mungkin
itulah motivasi orang tua kita dulu "menciptakan" doa arwah 7 hari dst yakni
sebagai media dakwah. Media komunikasi saat itu belum secanggih seperti saat
ini. Doa-doa arwah hanya sebagai "alasan" untuk mengumpul massa. Sejatinya, itu
adalah media bagi umat untuk bersilaturahim, berzikir, membaca yasinan, saling
mengingatkan bahwa suatu saat kita pasti mati.
Contoh lain, di masyarakat Gorontalo khususnya yang berkecimpung dalam tarekat,
berkembang pemahaman bahwa "raga" kita dibangun dengan fundasi sholat 5 waktu
dengan rincian tetek bengeknya. Sejatinya, itu adalah ajaran, penegasan bahwa
kita wajib "berdiri" di atas sholat 5 waktu. Siapa yang tidak sholat 5 waktu,
ibarat membangun rumah tidak di atas fundasi, sangat mudah roboh. Disanalah
fungsi sholat sebagai pencegah perbuatan keji dan mungkar. Yang salah jika itu
dipandang sebagai faham.
Demikian pula dengan doa arwah. Yang salah adalah "pesta" itu dipandang sebagai
"ritual Islam" yang wajib dilaksanakan.  Dalam konteks "menambah atau
mengurangi" ibadah itulah bi'dah, dalam bentuk apapun, saya panjang "haram".
Persoalannya sederhana, bi'dah akan mengaburkan syariat Islam yang
sesungguhnya. Jika ini dibiarkan, anak cucu kita yang akan "kacau". Apalagi,
saat ini, umat "lain" sedang getol2nya "menciptakan" ibadah zuhur, magrib dll.
Sungguh berbahaya...
Mohon maaf jika banyak yang kurang pas.

Terima kasih
SQB