From: megah maminasata <maminas...@yahoo.com>
Sender: gorontalomaju2020@yahoogroups.com
Date: Fri, 9 Jul 2010 21:47:30
To: <gorontalomaju2020@yahoogroups.com>
Subject: Bls: [GM2020] MEMAHAMI BID'AH (Topik Klar)

Betul Sekali Pak Sirjon Islam begitu Indah...

Topik - topik ini bukan saja ramai didiskusikan dimilis kita, di milis lain pun
demikian, bahkan dipengajian - pengajian menjadi sesuatu yang sangat menarik.
Saya pribadi menyempatkan diri belajar dari berbagai literatur dan kajian.
Tentu
literatur dan kajian berujung kepada pembenaran sesuai dalil yang diyakini oleh
sumbernya.

Masa 1400 tahun perjalanan Islam bukan waktu yang singkat untuk mem flashback
dan merekonstruksi kehidupan Rasullah sebagai teladan kita. Belum lagi jarak
ribuan bahkan jutaan mil yang ditempuh oleh para pejuang fisabilillah  dalam
menyebarkan Islam. Dalam masa 1400 tahun dan jutaan mil itu tentu banyak
"intervensi" budaya, adat istiadat, kebiasaan, pemikiran, logika, bahkan
"nafsu"
yang telah menjadikan Islam begitu warna - warni. Bahkan masih di zaman
Khulafaurrasidin yang notabene  begitu dekat dengan masa kerasulan Saidina
Utsman mendapati banyak perbedaan dalam pelafalan Alquran pada beberapa negara
bagian yang baru dikuasai, sehingga sejak itu penulisan Alquran diputuskan
harus
menggunakan tanda baca yang diseragamkan dari Medinah (saat itu Alquran tanpa
tanda baca). Inilah awal dari penerapan "TOEFL" dalam Al Quran sehingga bisa
seragam dalam pelafalan yang tentu bisa meluruskan makna dan arti yang
sebenarnya.

Saat menyaksikan umat Islam dari seluruh dunia berkumpul pada saat menunaikan
ibadah haji, dengan tata cara Shalat dan lafalan bacaan Al Quran yang kadang -
kadang agak "aneh" bagi telinga saya, secara spontan terlontar dari mulut ini
perkataan "Subahanallah" begitu indah rahmat Islam. Dialek lokal begitu
berpengaruh pada lafalan kita, karena tentu mereka pun mendengar kita
melafalkan
Alquran sambil tersenyum2. Tata cara ibadah yang lain sperti kebiasan berpakain
yang jelas kontras dengan satu sama lain kecuali Ihram.

Bagaimana dengan mongaruwa, barzanji, mendoakan si mayit, bahkan mengarang -
ngarang ibadah, bagi saya pribadi itu adalah bahagian dari kekayaan Islam
sehingga menjadi indah dan berwarna - warni. Tentu warna - warni ini akan lebih
berbunga - bunga lagi oleh semangat menghidupkan kembali sunah - sunah yang
mulai dilupakan seperti shalat sunat rawatib sebelum Magrib (mengutip postingan
Pak Iqbal). Mari kita memperkuat ukhuwuah dengan lebih mengedepankan persamaan
daripada mencari perbedaan. Apa yang terjadi antara Sunni dan Syiah di beberapa
negara adalah dampak dari memandang Islam itu hanya satu warna yaitu kalau
bukan
hitam yah putih. Mengutip pernyataan Ustadz Mansyur bahwa "jangan fanatik
kepada
salahsatu Mazhab saja".

Semoga Islam diseluruh dunia akan lebih berwarna - warni oleh diskusi rekan -
rekan milis yang begitu bersemangat. Amiinn Ya Rabbal Alamin...

Simon Rahman