Pak Maryanto dan IAGI netters yang lain,
Masih ada sedikit salah pengertian dalam pengertian lapisan bumi,
kelihatannya saya kurang baik dalam menjelaskannya dalam bentuk tulisan di
milist ini.
Tadinya saya ingin menjelaskan jangan sampai sesuatu data atau fakta di
cocok-cocokan dalam suatu angka tujuh misalnya.

Ok begini aja, kalau gak salah Pak Maryanto akan memberikan seminar
di P3G selasa tgl 16 september minggu depan, saya Insya Allah akan datang,
mungkin kalau ada waktu kita bisa berdiskusi.

Yang tertarik lebih jauh tentang "Earth's deep interior", mungkin bisa
datang bulan oktober depan dalam seminar Reboan di Puslit Geoteknologi-LIPI
Bandung, Insya Allah saya akan menjelaskan dalam seminar tsb suatu pemikiran
baru tentang pembentukan Intan (diamond), dalam seminar tsb saya akan
singgung sedikit tentang sifat fisika dan kimia dari 6 lapisan bumi.
Sedangkan judul seminar tsb adalah
"Diamond occurences in ultra-high pressure metamorphic rocks: a new frontier
for diamond exploration".

Kalau IAGI bisa memfasilitasi semacam lunch talk dsb, mungkin saya bisa
memberikan seminar dan diskusi tentang "Physics and Chemistries of Earth's
deep interior", terus hubungannya dengan "new exploration play"
(maunya..he..he..he..).
Misalnya siapa tahu kehadiran minyak dan gas bumi yang terus-menerus
atau pemikiran baru tentang "anorganic origin for oil" dsb....dsb,
sebenarnya di-mungkin supply atau dari "earth deep material", yang memang
kaya atas unsur C dan H.  Siapa tahu ?, yah menurut RDP..thinking out the
box ? he..he..he..

Beberapa bulan lalu, ada tulisan yang cukup kontroversi, bersamaan dengan
beredarnya Film Sci-Fi "the core", bahwa outer core dari bumi sebenarnya
berfungsi sebagai reaktor nuklir yang men-supply energi buat kehidupan bumi
dan melindungi bumi dari kehancuran akibat faktor eksternal (protecting
magnetic filed dsb).
 Reaktor nuklir di core (georeactor) ini konon mirip fungsinya sebagai
reaktor nuklir buatan manusia yang ada sekarang untuk pembangkit energi.

udah ah.... salam
Ade Kadarusman

> [...]
> banyak sekali tanya, mumpung ada ahlinya.
>
> Kalau lempeng kontiental selalu ditumpangi lapisan oseanik, maka saya
lebih
> suka menyatakan kontinental adalah satu lapis tersendiri. Ini 30 % kulit
> bumi luasnya, dan menjadi mirip atom, hanya 30 % elektron di kulit
terluar,
> kulit ke 7.
>
> Sepertinya ada siklus dua macam-an padat-cair dilapisan bumi: padat (inner
> core), cair (outer core), padat ( mantle-lithosfer-crust), cair (udara).
> Barangkali sudah ada yang menyatakan mengapa masing-masing bersifat >
banyaknya angka 7 karena semua alam dari atom ya ?