From: Koesoema [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, September 26, 2003 5:12 Sore
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: FW: [iagi-net-l] Re: korelasi geodinamik

Sebetulnya ada 2 cara menetapkan susunan bumi:
1. Secara rheologi dan 2. Secara susuman mineralogi/kimiawi:

1. Secara rheology bumi tersusun dari a. Lithosphere, b Asthenosphere dan c.
Mesophere

2. Secara susunan mineralogi/kimiawi: a. Kerak (Crust) yang dibagi atas
Continental Crust dan Oceanic Crust, b. Mantle (dibagi lagi jadi Upper
Mantle atau Mantle Lid, dan Lower Mantle), c.  Core (Outer core, Inner
Core).

Secara rheologi Crust dan Upper Mantle termasuk Lithosphere, sedangkan Lower
Mantle termasuk Asthenosphere
Yang disebut "tectonic plate" adalah sebetulnya Lithosphere (yang secara
umum bersifat rigid), yang bergerak di atas Asthenosphere (yang bersifat
ductile). Yang disebut continental plate adalah plate yang bagian atasnya
adalah continental crust, sedangkan oceanic plate adalah plate yang bagian
atasnya adalah oceanic crust.
Kekeliruan dari teori Continental Drift dari Wegener adalah seolah-olah
continental crust bergerak di atas oceanic crust
Kekeliruan umum adalah mencampur-baurkan istilah2 klasifikasi susunan bumi
berdasarkan rheology dengan istilah2 klasifikasi susunan bumi berdasarkan
komposisi mineral/kimiawi.
(lihat Allen and Allen, 1990)