Sand shale itu sebenarnya  pembagian berdasarkan grain size atau
berdasarkan mineralogy (unsur kimia)....?
Dan  lalu apa memang ada hubungan antara radioaktivitas  dengan grain
size...?
ada enggak batu yang terdiri dari  grain size yang seukuran shale/clay tapi
tidak radioaktive....?
atau batu yang terdiri dari grain size sand tapi radioaktive....?

Regards

Kartiko-Samodro
Telp : 3852

|---------+---------------------------->
|         |           Shofiyuddin      |
|         |           <[EMAIL PROTECTED]|
|         |           l.com>           |
|         |                            |
|         |           15/11/2005 11:38 |
|         |           AM               |
|         |           Please respond to|
|         |           iagi-net         |
|         |                            |
|---------+---------------------------->

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------|
  |

  |       To:       iagi-net@iagi.or.id
                                    |
  |       cc:
                                    |
  |       Subject:  Re: [iagi-net-l] shale dan radioaktif
                                    |

>-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------|

Setahu saya sih masalah grain size. Clay adalah grain size terkecil dan
karenanya punya daya absorpsi yang amat sangat luas (inget otak manusia
yang
katanya surface areanya beisa lebih dari seluruh permukaan bodi?). Unsur
unsur radioaktif, dalam hal beberapa mineral sepeti Th, K dan Uranium akan
lebih mudah terabsorpsi. Menurut Dewan, thorium adalah unsur yang paling
setabil dibandingkan dengan 2 unsur radioaktif yang laen sehingga sangat
bagus untuk penentuan shale contain. Uranium sangat mobile sehingga
seringkali didapatkan pada endapan pasir dan batugamping. Hot sand atawa
hot
limestone seringkali berasosiasi dengan keberadaan uranium ini dan sebagai
indikator yang bagus sekali untuk menentuan reservoir zone juga untuk
penentuan fracture zone. Uranium peak dicari orang! makanya punya NGT itu
bagus lho, kali kali aja punya hot sand atawa limestone. Disini, hotsand
terbukti produktif, 10 meter bisa mengalir 10 mm gas.
 Monggo yang laen silahken nambahin.

 On 11/15/05, [EMAIL PROTECTED] <
[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> please contact the sender and delete the e-mail from your system.

> Komisi Sedimentologi (FOSI) : Ratna Asharina (Ratna.Asharina
> [at]santos.com)-http://fosi.iagi.or.id
> Komisi SDM/Pendidikan : Edy Sunardi(sunardi[at]melsa.net.id)
> Komisi Karst : Hanang Samodra(hanang[at]grdc.dpe.go.id)
> Komisi Sertifikasi : M. Suryowibowo(soeryo[at]bp.com)
> Komisi OTODA : Ridwan Djamaluddin(ridwan[at]bppt.go.id atau
> [EMAIL PROTECTED]), Arif Zardi Dahlius(zardi[at]bdg.centrin.net.id)
> Komisi Database Geologi : Aria A. Mulhadiono(anugraha[at]centrin.net.id)

Salam hangat

Shofi