From: "Awang Satyana" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <iagi-net@iagi.or.id>; <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Thursday, January 19, 2006 3:46 PM
Subject: Re: [iagi-net-l] Need info : Mud Volcano

>   Ini pengalaman dari Pulau Timor dan sekitarnya, wilayah di Indonesia
yang paling banyak punya 'gunungapi lumpur', masyarakat di sana menyebutnya
'poton', dan istilah ini layak menggantikan mud volcano kalau
peng-Indonesia-an istilah asing mau dicari dari kosa kata asli bangsa
Indonesia. Pak Purbo-Hadiwidjojo sudah mencantumkan itu di kamusnya.

>   Juga, info ini didasarkan atas banyaknya mud volcano di sepanjang sesar
mendatar sejak dari Teluk Aqaba di utara Laut Merah, terus ke utara menuju
Laut Mati, dan sepanjang Lembah Yordan (saya pernah menulis di milis ini
bahwa "kiamat" di Sodom-Gomora juga akibat erupsi mud-volcano).

>   1. Mud volcano terbentuk karena natural gas escaping yang naik ke
permukaan ketika menemukan konduit (sesar mendatar yang tegak) dan membawa
lumpur (mud) yang punya density lebih ringan dari sedimen di sekitarnya.
Lumpur, gas, batuan, belerang dan garam (di wilayah arid) serta air akan
diletuskan di permukaan membentuk kerucut seperti gunung. Proses
sedimentasinya mirip-mirip mud diapir dalam skala yang lebih kecil tetapi
dalam gerakan yang lebih cepat, jadi dipicu oleh adanya paket sedimen
berdensitas rendah dikelilingi paket sedimen berdensitas lebih tinggi.
Gerakan tektonik berpengaruh, juga burial sediments yang diendapkan secara
cepat. Wilayah sesar mendatar aktif merupakan lahan subur mud volcano.

>   2. Komposisi dari mud berbagai fase : padat, plastis, cair, dan gas;
membawa semua bahan2 dari dalam membentuk kolom vertikal. Seperti di atas :
batu-batu, lumpur, belerang, garam, dan gas. Di Timor, yang terkenal sebagai
Bobonaro scaly clay melange diyakini dibentuk juga oleh proses mud
diapirism-mud volcano (lihat paper akhir tahun 1980an di AAPG Bull oleh Tony
Barber dan Tjkrosaputro tentang hubungan antara mud volcano, strike-slip,
dan melange).

>   3. Gas metan dalam bentuk shallow pocket gas atau hidrat di tempat dalam
bisa dibawa oleh gerak escaping natural gas ke atas. Banyak gas seepages
yang sering erupsi saat ini (semacam Bleduk Kuwu di Purwodadi) di wilayah
Yordan adalah gas metana.

>   4. Sedimentasi ada kemiripannya, hanya di subsurface mud volcano tak
membentuk semua struktur ikutan yang muncul di mud/salt diapirism seperti
rim syncline, pillow, turtle structure. Bisa dimengerti, karena skala
mud/salt diapirism jauh lebih besar dibandingkan skala mud volcano di
subsurface (lihat publikasi saya di FOSI regional seminar deepwater 2001
tentang diapirism di selatan Sorong strike-slip fault, Papua).

>   5. Mud volcano bisa terbentuk di bawah laut, sea bed. Hanya skalanya
sampai ke permukaan atau tidak akan dipengaruhi oleh volume bahan rombakan
subsurface yang dibawanya naik. Beberapa gunung lumpur bahkan membentuk
pulau-pulau seperti banyak ditemukan di utara pulau Sawu baratnya Timor dan
di utara Timor. Pulau Atauro (Pulau Kambing) di offshore utara Dili adalah
pulau mud volcano.

>   Teluk Aqaba-Laut Mati-Sungai Yordan-Danau Galilea adalah pull-apart
basin yang kaya mud volcano. 5000 tahun yang lalu, strike-slip aktif ini
bergerak oleh gempa, membawa semua deposit arid garam, belerang, gas metan,
aspal, batu-batu. Gesekan-gesekan gerakan cepat membuatnya menyala, berapi,
dan erupsinya membakar dan memusnahkan dua kota di sekitarnya : Sodom dan
Gomora. Beberapa hari sebelumnya, Tuhan sudah memperingatkan Lot, dan
beberapa minggu sebelumnya Tuhan sudah tawar-menawar dengan Abraham untuk
memusnahkan kedua sinful cities ini . Semuanya sudah tersedia di bawah Bumi
sana, Dia tinggal memerintahkan gempa menggoyang Bumi Yordania dan begitulah
... kiamat oleh gununglumpur.