Mas Yanto,

Terima kasih untuk email anda tentang singkatan kata "AMC". Bukan maksud saya
untuk mengada-ada soal kecil ini. Hanyalah karena saya ini adalah salah satu
pengagum ahli bahasa Indonesia Mas Moeljono Purbohadiwidjojo (saya pernah
bekerja dengan dia di waduk Sempor, Jawa Tengah), maka saya selalu ingin tahu
bahasa Indonesia-nya suatu istilah asing. Apalagi hidup di luar negeri, jarang
saya berkomunikasi lisan dengan teman-teman dari Indonesia.

Saya ikuti diskusi di IAGI-NET dan sering merasa bingung karena campur aduk
bahasa asing dengan Indonesia. Ada rekan yang menyebutkan: " teman-teman bule
saya ...."

Kalau tidak salah, perkataan "bule" yalah kata (istilah) Jawa untuk kerbau
yang albino, kulitnya putih, karena kelainan genetika. Apakah kata  "bule"
digunakan sebagai kata "ejekan" atau merendahkan orang yang berkulit putih?
Wah, kalau demikian, maka saya ini berkerja dengan kerbau?

Dalam bahasa Inggris juga ada kata-kata ejekan seperti "dago" (untuk orang
Italia), "nigger" untuk orang hitam (Negro) di A.S., suatu kata yang kalau
digunakan oleh seseorang, bisa membuat orang tadi dituntut!

Ada komentar dari rekan-rekan geologiawan?

salam,

Jojok ("Yo") Sumartojo
Marietta, Georgia, A.S.